Pengaruh penggunaan media sosial terhadap moral siswa kelas V.1 MSI 11 Nurul Islam Krapyak Pekalongan

Dewi, Ratna Puspita (2019) Pengaruh penggunaan media sosial terhadap moral siswa kelas V.1 MSI 11 Nurul Islam Krapyak Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Media Sosial adalah sebuah media online yang memudahkan semua orang untuk dapat berkomunikasi, berpartisipasi, dan membentuk sebuah jaringan online sehingga dapat menyebarluaskan konten merekas endiri. Penggunaan sosial media oleh para siswa sering mereka lakukan tanpa memperhatikan waktu dan keadaan di sekitar mereka.Tanpa mereka sadari bahwa penggunaan sosial media memberikan pengaruh dalam berbagai aspek kehidupan pada diri mereka sendiri.Baik dalam aspe ksosial, agama dan moral mereka yang berubah seiring penggunaan sosial media yang seringmerekalakukan. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah: (1) Bagaimanapenggunaan media sosialpadasiswa MSI 11 Nurul Islam Krapyak? (2)Bagaimanapembelajaran moral di MSI 11 Nurul Islam Krapyak?(3) Apasaja yang mempengaruhipenggunaan mediasosialterhadap moral siswa di MSI 11 Nurul Islam Krapyak. Adapuntujuan yang ingin di capaidalampenelitianiniialah:(1) Untukmegetahuibagaimanapenggunanaan mediasosialpadasiswa di MSI 11 Nurul Islam Krapyak. (2) Untuk mengetahui pembelajaran moral di MSI 11 Nurul Islam Krapyak. (3) Untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi dari penggunaan mediasosial terhadap moral siswa di MSI 11 Nurul Islam Krapyak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan(field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dari hasil pengumlulan data yang dilakukan mengenai Pengaruh Media Sosial terhadap Siswa di MSI 11 Nurul Islam 11 Krapyak Pekalongan. Hasilpenelitianmenunjukkan bahwa pertamapenggunaanmediasosial di MSI 11 Nurul Islam sendiriberagam, ada yang menggunakanInstagram, Facebook, YoutubedanWhatsApp.Kedua, Pembelajaran moral di MSI 11 Nurul Islam terbagimenjadi 2 (dua) yaitumelalui program pembiasaandanmelalui program matapelajaran. Penggunaan mediasosial di kalangansiswamemilikipengaruhpositifdanpengaruhnegatif.Pengaruhpositifpenggunaan media sosialdiantaranyaadalahmembuatsiswamenjadilebihkritis, mempermudahsiswadalambelajar, menambah teman, mempermudah memperoleh komunikasi dan mendapatkan informasi.Mediasosialmembuatanakmenjadiberaniuntukbertanyadanmenyampaikan ide yang merekamiliki.Pengaruh negatif dari penggunaan media sosialdi kalangan siswa biasanya menjadikan anak malas belajar, kecanduan untuk menggunakan media sosial tanpa mengenal waktu sehingga menurunkan produktifitas dan rasa sosial diantara siswa pun berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Moral, Media Sosial, Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 11 May 2020 04:44
Last Modified: 11 May 2020 04:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item