Ghoni, Dwi Abdillah (2014) Pengaruh pemberian hadiah terhadap prestasi belajar peserta didik di SD Negeri Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2013-2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
232108236 DWI ABDILLAH GHONI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (5MB) |
|
Text (Thesis)
232108236 DWI ABDILLAH GHONI BAB I - V DAN FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Pentingnya memberikan hadiah dalam kegiatan peserta didik dapat menjadikan peserta didik lebih giat dalam belajar jika penggunaannya tepat. Terlalu sering memberikan hadiah tidak dibenarkan, sebab hal ini akan menjadikan kebiasaan yang kurang menguntungkan bagi kegiatan belajar mengajar. Dikhawatirkan peserta didik akan giat belajar jika mendapat imbalan dari guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemberian hadiah di SDN Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan? bagaimana prestasi belajar peserta didik di SDN Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan? bagaimana pengaruh pemberian hadiah terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian hadiah di SDN Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik di SDN Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh pemberian hadiah terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian secara praktis bagi peserta didik secara umum dapat dijadikan pedoman untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik agar lebih baik. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pemberian hadiah di SDN Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori kurang baik, karena nilai rata-rata angket sebesar 66 berada di interval 65-66 yang termasuk dalam kategori kurang baik. Kedua, Prestasi belajar peserta didik di SDN Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori cukup baik, karena nilai rata-rata angket sebesar 67 berada di interval 66-67 yang termasuk dalam kategori cukup baik. Ketiga, Ada pengaruh yang signifikan antara pemberian hadiah terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Setelah dilakukan analisis perhitungan dengan rumus regresi linier sederhana maka diperoleh bahwa nilai l test sebesar 5,063 dengan N = 43. Pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel 2,021 maka !test> itabel = 5,063 > 2,021, maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pada tingkat signifikan 5 % terdapat hasil yakni terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pemberian hadiah terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan yakni "terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian hadiah terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan" dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Pemberian Hadiah Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2023 06:41 | ||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2023 06:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3732 |
Actions (login required)
View Item |