Rahmawati, Amalia Dwi (2018) Penerapan metode pembelajaran Small Group pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bahrul Ulum Desa Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dalam pembelajaran tematik dapat menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Ketika pembelajaran tematik hanya menggunakan metode ceramah saja, maka siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung dan kurang berminat mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu guru perlu variasi metode lain dalam pembelajaran tematik, agar siswa tidak merasa bosan atau jenuh saat mengikuti pelajaran, misalnya dengan menggunakan metode pembelajaran small group, dengan menggunakan metode tersebut pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru saja melainkan juga berpusat pada siswa. Penelitian ini mencakup dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana penerapan metode pembelajaran small group pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bahrul Ulum Desa Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Kedua, bagaimana minat belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran small group pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bahrul Ulum Desa Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu, pertama, untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran small group pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas IV di SDIT Bahrul Ulum Desa Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan Kedua, untuk mengetahui minat belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran small group pada pembelajaran tematik di SDIT Bahrul Ulum Desa Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: Pertama, Penerapan metode pembelajaran small group pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas IV di SDIT Bahrul Ulum Desa Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Perencanaan, guru membuat RPP terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran. Pelaksanaan, guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil, setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa. Evaluasi, guru menilai diskusi siswa dengan kriteria: mendengarkan, komunikasi non verbal dan partisispasi, selain itu guru meminta setiap kelompok menilai apa yang telah disampaikan temannya. Kedua, minat belajar siswa kelas IV sebelum diterapkannya metode pembelajaran small group rendah, dengan indikator: siswa kurang senang, siswa merasa bosan dalam mengkikuti pembelajaran. Sedangkan minat belajar siswa kelas IV setelah diterapkan metode small grup meningkat, dengan indikator: siswa merasa tertarik dalam mengikuti pembelajaran, siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan sungguh-sungguh serta siswa juga merasa senang saat mengikuti pembelajaran tematin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Small Group, Pembelajaran Tematik, Minat Belajar Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 11 May 2020 04:48 | ||||||||
Last Modified: | 11 May 2020 04:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/374 |
Actions (login required)
View Item |