Pengaruh penggunaan Gadget terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Wates 02 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang.

Chasanah, Niza Mauidlo (2018) Pengaruh penggunaan Gadget terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Wates 02 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Teknologi informasi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dengan berbasis komputer dan perkembangannya sangat pesat. Salah satu yang berkembang pesat saat ini adalah alat komunikasi berupa gadget. Orang tua berfikir bahwa gadget dapat menjadi media pembelajaran bagi anak, yaitu untuk belajar membaca, menulis, berhitung dan sebagainya. Selain sebagai media pembelajaran, orang tua memberikan gadget kepada anaknya agar anak tidak sering keluar rumah. Namun dalam kenyataanya gadget di gunakan oleh sebagian besar anak untuk bermain. Anak yang keseringan bermain gadget akan tersita waktu belajar mereka saat di rumah atau saat setelah pulang sekolah sehingga akan berpengaruh terhadap prestasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan gadget oleh siswa di SD Negeri Wates 02 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang, Bagaimana prestasi belajar siswa di SD Negeri Wates 02 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang dan untuk mengetahui pengaruh pengaggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Wates 02 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SD Negeri Wates 02 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang kelas V dan VI dan sampel yang digunakan menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh siswa di SD Negeri Wates 02 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang kelas V dan VI. Penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara untuk alat pengumpulan data. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan gadget dari hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan nilai rata-rata sebesar 36,74 yang menunjukkan bahwa rata-rata penggunaan gadget oleh siswa SD Negeri Wates 02 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang dalam kategori sedang. Prestasi belajar dari hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata sebesar 79,97 yang menunjukkan bahwa rata-rata tingkat prestasi belajar siswa SD Negeri Wates 02 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang dalam kategori baik. Berdasarkan nilai t, diketahui bahwa nilai thitung sebesar -5,310 > ttabel 2.026 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan gadget terdapat prestasi belajar siswa di SD Negeri Wates 02 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang (Ha diterima dan H0 ditolak).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Gadget, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 11 May 2020 05:12
Last Modified: 11 May 2020 05:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item