Hubungan Antara Konsep Diri dengan Prestasi Belajar Mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2012

Hidayah, Nurul (2015) Hubungan Antara Konsep Diri dengan Prestasi Belajar Mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2012. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111269 NURUL HIDAYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (13MB)
[img] Text
2021111269 NURUL HIDAYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Konsep diri merupakan keseluruhan gambaran diri, yang meliputi persepsi seseorang tentang diri, perasaan, keyakinan, dan nilai-nilai yang berhubungan dengan dirinya. Konsep diri dapat dianalogikan sebagai sistem operasi yang menjalankan komputer mental, yang mempengaruhi kemampuan berpikir dan mempunyai pengaruh sebesar 88% terhadap level kesadaran seseorang. Konsep diri akan memberikan kerangka acuan yang mempengaruhi menajemen diri dan terhadap orang lain. Konsep diri ada yang sifatnya positif dan negatif. lndividu yang memiliki konsep diri positif akan mampu manghargai dirinya dan melihat hal-hal positif yang dapat dilakukannya demi keberhasilan dan prestasi. Sebaliknya individu yang memiliki konsep diri negatif, meyakini dan memandang dirinya lemah, tidak dapat berbuat, tidak kompeten, tidak menarik, gagal, tidak disukai dan kehilangan daya tarik pada hidup. Individu akan cenderung bersikap pesimistis terhadap kehidupan dan kesempatan yang dihadapinya. Dalam hal ini untuk pengambilan data konsep diri dan prestasi belajar, penulis menjadikan mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2012 sebagai subjek penelitian. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep diri mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2012, bagaimana prestasi belajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2012 STAIN Pekalongan, adakah hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2012, Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep diri mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2012, untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2012 STAIN Pekalongan, untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2012. Kegunaan penelitian ini untuk sebagai bahan kajian tambahan bagi mahasiswa yang berminat mempelajari psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus yakni pengkajian secara rinci terhadap satu latar atau satu orang subjek atau satu tempat penyimpanan dokumen. Teknik pengambilan sampel yang penulis gunakan adalah teknik simple random sampling yaitu pengambilan anggota sampel populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Jenis analisis datanya adalah teknik analisis product moment dibantu dengan program SPSS 16. Hasil penelitian ini adalah pada taraf signifikan 5% rxy= 0,089,rt = 0, 186,rxy>rt, maka Ho diterima dan H1 ditolak. Jadi pada taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2012. Pada taraf signifikan 1% rxy= 0,089, rt = 0,242, rxy,rt, maka Ho diterima dan H1 ditolak. Jadi pada taraf signifikan 1 % dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2012. Hipotesis yang penulis ajukan bahwa "terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2012" ditolak. Tingkat konsep diri mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2012 termasuk dalam kategori sedang dengan nilai interval sebesar 29 %. Sedangkan nilai rata-rata hasil pengukuran konsep diri yaitu 106 berada pada interval 103-108 dan menunjukkan kategori sedang. Sedangkan prestasi belajar mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2012 termasuk dalam kategori istimewa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil pengukuran prestasi belajar yaitu 3,27 berada pada interval 2,86-3,89 yang menunjukkan pada kategori istimewa dan presentase terbesar pada tabel frekuensi yaitu 99 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2012. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan korelasi product moment yang menghasilkan nilai rxy = 0,089 lebih kecil dari nilai rtabel pada taraf signifikasi 5%= 0,186 dan tarafsignifikasi 1%= 0,242.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, Prestasi Belajar, Mahasiswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:02
Last Modified: 21 Sep 2023 04:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3781

Actions (login required)

View Item View Item