Implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik kelas IV di MINU Baros Pekalongan

Novalia, Dini (2019) Implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik kelas IV di MINU Baros Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencangkup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu. Dan di Pekalongan, pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) sudah mulai diterapkan, salah satunya adalah MINU Baros Pekalongan. Dalam penerapan kurikulum 2013 pastinya banyak hal menarik untuk diteliti dari awal persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah, proses pembelajaran di dalam kelas, hingga faktor yang menghambat dan upaya dalam mengatasi hambatan pengimplementasian kurikulum 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik kelas IV di MINU Baros Pekalongan, apa faktor penghambat dan upaya mengatasi hambatan dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik kelas IV di MINU Baros Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik kelas IV di MINU Baros Pekalongan, sedangkan kegunaan penelitian ini adalah sebagai tambahan untuk memperluas cakrawala pengetahuan yang lebih dalam terutama yang berkaitan dengan kurikulum 2013, dan sebagai informasi bagi sekolah untuk lebih memahami tentang konsep kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara-cara kuantifikasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti langsung masuk ke lapangan dan berusaha mengumpulkan data secara lengkap sesuai dengan pokok permasalahan. Penelitian ini mendeskripsikan kurikulum 2013 yang diterapkan pada pembelajaran Tematik kelas IV di MINU Baros Pekalongan, dengan mempersiapkan berbagai hal terkait dengan pelaksanaan pembelajaran, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yaitu dari mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, penilaian yang digunakan adalah penilaian autentik yaitu penilaian yang mencangkup ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Terdapat beberapa faktor penghambat dalam pengimplementasian kurikulum 2013 di MINU Baros Pekalongan yang butuh perhatian khusus guna mencapai tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhamidi, Aris NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pembelajaran Tematik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 11 May 2020 05:20
Last Modified: 11 May 2020 05:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item View Item