Pengaruh pembelajaran berbasis Multiple Intelligences terhadap minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni

Aulia, Fajriani Rizqi (2018) Pengaruh pembelajaran berbasis Multiple Intelligences terhadap minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni merupakan salah satu madrasah yang menerapkan konsep multiple intellegences dalam pembelajarannya.Pembelajaran berbasis multiple intelligences merupakan stimuli yang dikondisikan oleh lingkungan baik secara budaya dan fasilitas yang ada di sekolah kreatif dengan tujuan menarik sebuah respon berupa minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pembelajaran berbasis multiple inteligences pada mapel SKI kelas V di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni, untuk menggambarkan minat belajar siswa kelas V pada mapel SKI di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni, dan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis multiple inteligences terhadap minat belajar siswa kelas V pada mapel SKI di MI Walisongo Kranji 01. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata angket pembelajaran berbasis multiple intelligences sebesar 46 berada di interval 45-52 termasuk dalam kategori baik. Nilai rata-rata angket minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni sebesar 35 berada di interval 35-39 termasuk dalam kategori baik. Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS menunjukkan hasil "F" _"hitung" = 39,55. Pada tingkat signifikansi 5% nilai "F" _"tabel" = 4,01, maka "F" _"hitung" = 39,55 >"F" _"tabel" = 4,10. Pada tingkat signifikansi 1% nilai "F" _"tabel" = 7,10, maka "F" _"hitung" = 39,55 >"F" _"tabel" = 7,10, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima baik pada tingkat signifikasi 5% maupun 1%. Sedangkan untuk tingkat pengaruh atau persentase pengaruh yang diberikan variabel X (pembelajaran berbasis multiple intelligences) terhadap variabel Y (minat belajar) diperoleh nilai R Square = 0,410 Kesimpulan dalam penelitian ini adalahpembelajaran berbasis multiple intelligences kelas V di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni termasuk dalam kategori baik, minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni juga termasuk dalam kategori baik, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap minat belajar siswa kelas V pada matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) karena nilai"F" _"hitung" >"F" _"tabel" baik pada tingkat signifikasi 5% maupun 1%.Nilai R Square = 0,410 hal ini berarti 41 % variabel Y (minat belajar) dapat dipengaruhi oleh variabel X (pembelajaran berbasis multiple intelligences). Sedangkan sisanya 59% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligences, Minat Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 11 May 2020 05:24
Last Modified: 11 May 2020 05:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item