Analisis Pengukuran Kinerja KUD Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada KUD Pertiwi di Bojong Kabupaten Pekalongan)

Oktavia, Kholidya Khoirun Nissa (2023) Analisis Pengukuran Kinerja KUD Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada KUD Pertiwi di Bojong Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4319152_Cover_Bab I DAN BAB V.pdf

Download (816kB)
[img] Text
4319152-FULL Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perrpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Balanced scorecard merupakan pengukuran dan sistem manajemen serta pengendalian dengan cara tepat, cepat dan komprehensif yaitu dengan melihat dari empat perspektif meliputi perspektif keuaangan, perspektif pelanggan, bisniss internal dan perspektif pertumbuhan dan belajar dengan begitu bisa memberikan sebuah pemahaman kepada manajer terkait kinerja bisnisnya. Balanced mempunyai arti berupa seimbang sedangkan scorecard yaitu kartu skor yang nantinya berfungsi sebagai mencatat skor kinerja dari sebuah organisasi atau juga disebut skor individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja koperasi unit desa pertiwi bojong dengan menggunakan konsep balance scorecard. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi dan angket sebanyak 71 responden pelanggan KUD Pertiwi bojong dan seluruh karyawan KUD Pertiwi bojong sebanyak 8 karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode balance scorecard dan dengan bantuan Microsoft excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja KUD pertiwi bojong secara keseluruhan yaitu baik dengan nilai sebesar 0,7. Perspektif keuangan yang diukur dengan analisis rasio keuangan diantaranya yaitu rasio likuiditas menghasilkan nilai yang kurang baik yaitu dengan nilai sebesar 99,29%, rasio solvabilitas juga menghasilkan nilai yang kurang baik yaitu sebesar 115,19%, dan rasio rentabilitas masuk dalam kategorikan baik denagan hasil perhitungan sebesar 10,91%.. Hasil penelitian pada perspektif pelanggan dengan indikator kepuasan pelanggan menunjukkan kinerja yang baik dengan nilai sebesar 75%. Perspektif bisnis internal juga menunjukkan kinerja yang baik dengan nilai kepuasan karyawan sebesar 82%. Selain itu, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dinilai baik yang meliputi produktifitas karyawan dan retensi karyawan. Adapun produktivitas mengalami peningkatan dengan tahun sebelumnya dengan nilai peningkatan sebesar Rp. 1.742.381,2, dan retensi karyawan dengan nilai sebesar 0%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGunawan, AdeUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:23
Last Modified: 16 Oct 2023 03:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3827

Actions (login required)

View Item View Item