Korelasi antara Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas V MSI VII Medono Kota Pekalongan

Adawiyah, Robiatul (2023) Korelasi antara Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas V MSI VII Medono Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2218102_COVER_BAB I & BAB V_DP-1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2218102_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Robiatul Adawiyah. 2023. Korelasi antara Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas V MSI VIII Medono Kota Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing : Dr. Muhamad Jaeni, M.Pd., M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan saat mengajar di bimbel (bimbingan belajar). Sebagian anak kurang termotivasi untuk belajar Bahasa Arab. Bagi mereka Bahasa Arab menjadi sesuatu yang sukar karena mereka masih kesulitan dalam hal membaca dan menulis Al-Qur’an. Kemudian di MSI VIII Medono Kota Pekalongan terdapat keunggulan, yaitu terdapat program BTQ oleh guru khusus sebelum siswa memulai pelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah : (1) Bagaimana kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas V MSI VIII Medono Kota Pekalongan, (2) Bagaimana tingkat motivasi belajar Bahasa Arab pada siswa kelas V MSI VIII Medono Kota Pekalongan (3) Adakah korelasi antara kemampuan baca tulis Al-Qur’an dengan motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas V MSI VIII Medono Kota Pekalongan. Adapun penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas V MSI VIII Medono Kota Pekalongan, (2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi belajar Bahasa Arab pada siswa kelas V MSI VIII Medono Kota Pekalongan, (3) Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas V MSI VIII Medono Kota Pekalongan. Jenis Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas V MSI VIII Medono Kota Pekalongan yang memiliki rata-rata 47,76 termasuk dalam kategori Baik. Hasil perhitungan yang diperoleh dari motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas V MSI VIII Medono Kota Pekalongan yang memiliki rata-rata 46,42 termasuk dalam kategori Baik. Penarikan kesimpulan berdasarkan uji korelasi diperoleh hasil nilai signifikansi 0,015 dimana 0,015 < 0,05. Sehingga dapat diketahui bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan antara kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas V MSI VIII Medono Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an, Motivasi Belajar, Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:24
Last Modified: 09 Oct 2023 06:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3862

Actions (login required)

View Item View Item