Implementasi metode pembelajaran make a match dalam pembelajaran Bahasa Arab maharah kitabah di kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi

Chufadzi, Alif Zu'ama'il (2023) Implementasi metode pembelajaran make a match dalam pembelajaran Bahasa Arab maharah kitabah di kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi. Undergraduate Thesis thesis, UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2218079_COVER_BAB I & BAB V_DP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2218079_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan canggih sehingga dalam hal tersebutu guru mata pelajaran Bahasa Arab menggunakan metode belajar baru yang belum diterapkan sebelumnya yaitu menggunakan metode Make A Match yang diterapkannya pada pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah di kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi . Penelitian ini mengangkat dua rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana implementasi metode Make A Match dalam pembelajaran Bahasa Arab maharah kitabah di kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi Brebes, 2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode Make A Match dalam pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi Brebes. Penelitian ini memiliki tujuan sesuai dengan rumusan masalah yang diangkat Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga rumusan masalah dalam penelitian dapat terselesaikan. Penelitian dilakukan di MTs. Assalafiyah, Luwungragi, Bulakamba, Brebes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pada pembelajaran bahasa arab maharah kitabah dengan menggunakan metode Make A Match meciptakan suasana pembelajaran yang baru dan meningkatkan hasil belajar dari peserta didik. Kemudian faktor pendukunya yaitu mengenai sarana dan prasarana yang mudah di cari, adanya dukungan dari kepala sekolah dan respon peserta didik yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: keterbatasan jam pembelajaran, jumlah peserta didik, persiapan alat dan bahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhan, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi pembelajaran Bahasa Arab, metode make a match, maharah kitabah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:35
Last Modified: 15 Dec 2023 07:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3887

Actions (login required)

View Item View Item