QOIDAH, NUR (2018) Upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar BTA siswa kelas IV MIS Karanganyar 02 Tirto Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I -V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Dilatarbelakangi bahwa seorang guru PAI harus melakukan upaya nyata agar para siswa MI segera mampu membaca dan menulis al-Qur’an. Karena jika tidak ada upayaseperti yang dimaksud, ketidak mampuan siswa membaca dan menulis al-Qur’an, akan menjadi persoalan atau ganjalan serius. Di antaranya yaitu siswa tidak bisa membaca dalil-dalil naqliyah dalam beberap amatapelajaran dan akan kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran Bahasa Arab. Berdasarkan survei yang dilakukanpeneliti di Madrasah IbtidaiyahSalafiyah (MIS) Karanganyar 02 Tirto Pekalongan telah diperoleh informasi bahwa Guru PAI Kelas IV melakukan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar BTA. Maka dilakukanlah penelitian “Upaya Guru PAI dalam meningkatkan Prestasi Belajar BTA SiswaKelas IV MIS Karanganyar 02 Tirto Pekalongan Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari latarbelakang masalah di atas, kemudian dirumuskan masalahyaitu: Pertama, bagaimana pembelajaran BTA siswa Kelas IV MIS Karanganyar 02 Tirto Pekalongan tahunpelajaran 2018/2019? Kedua, bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar BTA siswa Kelas IV MIS Karanganyar 02 Tirto Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019? Kemudian tujuan penelitian ini yaitu: Pertama, untukmendeskripsikanpembelajaran BTA siswaKelas IV MIS Karanganyar 02 Tirto Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019. Kedua, untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatka nprestasi belajar BTA siswa Kelas IV MIS Karanganyar 02 Tirto Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019. Dan kegunaan penelitian ini yaitu: Pertama, secara teoritis berguna untuk mengetahui metode pembelajaran BTA yang cocok dan untuk menambah wacana akademis serta khasanah pembelajaran BTA di MI, khususnya di MIS Karanganyar 02 TirtoPekalongan. Kedua, Secara praktis berguna bagi guru PAI MIS Karanganyar 02 Tirto Pekalongan dan untuk meningkatkan prestasi Untuk menjawab rumusan masalah di atas, diperlukan metode penelitian yang sesuai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Lapangan atau Field Research.Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang utama dalam penelitian ini ada tiga macam, yakni observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Observasi partisipan dalam penelitian ini dilakukan oleh peneliti dengan cara peneliti mengikuti proses pembelajaran BTA yang sedang berlangsung di kelas.. Temuan Pertama dari hasil penelitian ini yaitu bahwa pembelajaran BTA siswa Kelas IV MIS Karanganyar 02 Tirto Pekalongan Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu: 1) BTA terjadwaldua jam pelajaransepekan; 2) Awalpembelajaran; 3) Pembelajaran inti; 4) Akhir pembelajaran; 5) Prestasi belajar setelah UTS; 6) Prestasi belajar setelah UAS; 7) Adanya faktor pendukung dan penghambat pembelajaran. Kemudian Temuan Kedua tentang upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar BTA siswa Kelas IV MIS Karanganyar 02 Tirto Pekalongan Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu: 1) Melakukan pembelajaran membaca secara klasikal; 2) Melakukan pembelajaran menulis; 3) Melakukan pembelajaran membaca secara individual; 4) Melakukan pembelajaran secara khusus kepada siswa yang belum mememuhi KKM; 5) Memberikan reaward bagi siswa yang baik prestasi belajarnya; 6) Melakukan komunikasi intens dengan orang tua murid/wali murid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Baca Tulis Al Quran, prestasi belajar BTA | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nuzulul Nuzulul | ||||||||
Date Deposited: | 26 Apr 2020 00:30 | ||||||||
Last Modified: | 26 Apr 2020 00:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/39 |
Actions (login required)
View Item |