Musfuji'atun, Siti (2023) Peran Kepala Madrasah dalam Penguatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kelompok Kerja Guru 016 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun 2023. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
5321016 - Cover_Bab I_BabV.pdf Download (19MB) |
|
Text
5321016 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (32MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) di Kelompok Kerja Guru 016 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun 2023; untuk menganalisis peran kepala madrasah dalam mendukung pelaksanaan program Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) di Kelompok Kerja Guru 016 Kecamatan Gringsing Kabupaten Tahun 2023; untuk menganalisis implikasi pelaksanaan program Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) bagi profesionalisme guru di Kelompok Kerja Guru 016 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subyek penelitian di 4 MI yaitu MI Islamiyah Yosorejo 01, MI Islamiyah Yosorejo 02, MI Islamiyah Kebondalem 01, dan MI Islamiyah Kebondalem 02. Teknik pengumpulan data menggunakan wawacara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, and Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) di Kelompok Kerja Guru 016 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun 2023 terdiri dari program pengembangan diri, publikasi ilmiah dan program karya inovatif yang dapat dikategorikan rendah. Beberapa hambatan yang ditemukan diantaranya waktu yang tidak fleksibel, kurangnya pengetahuan, kurangnya sosialisasi, kurangnya pendampingan dan pengarahan, dll; Peran kepala madrasah dalam mendukung pelaksanaan program Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) di Kelompok Kerja Guru 016 Kecamatan Gringsing Kabupaten Tahun 2023 diantaranya peran edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator. Implikasi pelaksanaan program Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) di Kelompok Kerja Guru 016 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun 2023 yaitu membantu guru menguasai pengetahuan dan teknologi guna penyelenggaraan pembelajaran yang lebih baik serta mengembangkan keterampilan guru dalam menyajikan pembelajaran abad 21. Selain itu, dampak adanya PKB adalah mampu meningkatkan prestasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran, Kepala Madrasah, PKB, KKG | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2023 07:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Oct 2023 07:34 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3913 |
Actions (login required)
View Item |