Latifah, Umi (2023) Penerapan Contextual Teaching And Learning Dengan Metode Resitasi Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SD N 04 Pedawang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319024_Cover_Bab 1 dan Bab 5.pdf Download (6MB) |
|
Text
2319024_full text.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Umi latifah 2023. Penerapan contextual teaching and learning dengan metode resitasi pada pembelajaran tematik kelas III SD N 04 Pedawang kecamatan Karanganyar kabupaten Pekalongan. Skripsi program study Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN K. H. Abdurrahman wahid Pekalongan. Pembelajaran tematik dalam penerapan perlu menggunakan metode-metode yang tepat dalam penerapannya agar maksud pembelajaran dapat diterima oleh siswa. Pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) di SD N 04 Pedawang sering digunakan tapi pembelajaran hanya terbatas dengan membaca dan mendengarkan informasi yang didapat sehingga perlu mengkalaborasikan dengan metode pembelajaran yaitu metode resitasi sehingga siswa mampu memahami materi pada pembelajaran. Pembelajaran dengan Contextual Teaching and Learning yang di kalaborasikan dengan metode resitasi menjadi alternatif yang tepat bila di padukan dengan pembelajaran tematik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode resitasi pada pembelajaran tematik kelas III SD N 04 Pedawang kecamatan Karanganyar kabupaten Pekalongan? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL)dengan metode resitasi pada pembelajaran tematik kelas III SD N 04 Pedawang kecamatan Karanganyar kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL)dengan metode resitasi pada pembelajaran tematik kelas III SD N 04 Pedawang kecamatan Karanganyar kabupaten Pekalongan.2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode resitasi pada pembelajaran tematik kelas III SD N 04 Pedawang kecamatan Karanganyar kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangakan analisis data menggunakan reduksi data, display data (penyajian data), penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh di kelas III SD N 04 Pedawang adalah penerapana Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode resitasi langkah-langkahnya yaitu (1) tahap persiapan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap evaluasi. Dalam tahap evaluasi menggunakan metode resitasi atau pemberian tugas dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1)fase pemberian tugas (2) fase pelaksannan tugas (3) fase mempertanggung jawabkan tugas. pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan aktif dan antusias siswa yang baik pada saat evaluasi dapat dinyatakan penerapan contextual teaching and learning (CTL) dan metode resitas ini berhasil dengan baik dan efektif. faktor pendukungnya adalah lingkungan, antusias siswa yang baik, monitoring setiap bulan oleh kepala sekolah, dan adanya buku-buku pembelajaran.Sedangkan faktor penghambatnya adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai dan suasana kelas yang kurang kondusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning, metode resitasi, pembelajaran tematik. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 20 Oct 2023 07:31 | ||||||||
Last Modified: | 20 Oct 2023 07:31 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4045 |
Actions (login required)
View Item |