Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Minat Anggota Simpanan Akad Mudharabah Dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) Studi Kasus KSPPS BMT Bahtera Cabang Warungasem

Anam, Mohammad Muflihul (2023) Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Minat Anggota Simpanan Akad Mudharabah Dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) Studi Kasus KSPPS BMT Bahtera Cabang Warungasem. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4219061_MOHAMMAD MUFLIHUL ANAM_COVER-BAB I_BAB V_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4219061_MOHAMMAD MUFLIHUL ANAM_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

MOHAMMAD MUFLIHUL ANAM. Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Minat Anggota Simpanan Akad Mudharabah dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) Studi Kasus KSPPS BMT Bahtera Cabang Warungasem. Daerah Warungasem merupakan daerah dengan banyak profesi yang ada di di dalamnya, seperti petani, pedagang pasar, konveksi, ATBM, perumahaan (property), usaha makanan, serta usaha lainnya, yang membuat para warga berminat untuk melakukan simpanan terutama dengan akad mudharabah. KSPPS BMT Bahtera cabang Warungasem ketika memasarkan produk-produknya terutama simpanan dengan akad mudharabah harus menjelaskan dengan jelas kepada calon anggotanya mengenai mekanisme dalam simpanan akad mudharabah, peran dari KSPPS BMT Bahtera cabang Warungasem itu sendiri, sehingga para calon anggota dapat tertarik dan mau ikut bergabung dengan KSPPS BMT Bahtera cabang Warungasem, serta minat anggota simpanan akad mudharabah menjadi meningkat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mekanisme simpanan akad mudharabah, strategi pemasaran untuk meningkatkan minat anggota, dan pendekatan Theory of Planned Behaviour dalam meningkatkan minat anggota simpanan akad mudharabah di KSPPS BMT Bahtera Cabang Warungasem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme simpanan akad mudharabah di KSPPS BMT Bahtera Cabang Warungasem dengan cara datang ke kantor langsung atau lewat marketing, mengisi dua formulir, dan terakhir customer service membantu calon anggota untuk membuka simpanan akad mudharabah sampai selesai. Strategi pemasaran dalam meningkatkan minat anggota simpanan akad mudharabah dengan sistem bagi hasil yang mampu bersaing dengan lembaga keuangan lain, memberikan berbagai macam layanan profit dengan berbagai macam macam produk unggulan yang simpanannya bisa diambil sewaktu-waktu dan BMT juga mampu menarik minat anggota melalui Bahtera mobile. Pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB) dalam meningkatkan minat nasabah simpanan akad mudharabah di KSPPS BMT Bahtera Cabang Warungasem diterapkan melalui penarikan minat anggota untuk melakukan simpanan akad mudharabah dengan simpanan samudera atau sajaah, pendekatan yang baik terhadap calon anggota, serta kepercayaan yang muncul dari anggota yang membuat calon anggota tersebut ikut bergabung dengan KSPPS BMT Bahtera Cabang Warungasem.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWilda, Yulia RusyidaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mekanisme, Strategi pemasaran, dan Pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB).
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:13
Last Modified: 30 Oct 2023 06:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4080

Actions (login required)

View Item View Item