Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V A SD Muhammadiyah Paesan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Nia, Vasekhatul Lisan (2023) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V A SD Muhammadiyah Paesan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319012_COVER_BAB I & BAB V_DP-1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2319012_Full Text (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nia, Vasekhatul Lisan. 2023. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V A SD Muhammadiyah Paesan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Pekalongan: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Alyan Fatwa, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Bangun Ruang, Pendekatan RME, Siswa Kelas V A Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) merupakan salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang berorientasi pada peserta didik, dan matematika adalah aktivitas manusia sehingga matematika harus dihubungkan secara nyata terhadap konteks kehidupan sehari-hari peserta didik ke pengalaman belajar berorientasi pada hal-hal yang real atau nyata sehingga peserta didik terlibat dalam proses pembelajaran secara bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penerapan Realictic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang siswa kelas V A SD Muhammadiyah Paesan Kedungwuni. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan. Teknik pengumpulan data berupa metode tes dan metode dokumentasi. Kemudian Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan analisis berupa uji validitas, reabilitas, normalitas, homogenitas dan uji hiptesis. Berdasarkan hasil penelitian di kelas V A SD Muhammadiyah Paesan Kedungwuni yang mengkaji tentang penggunaan pendekatan RME terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V A SD Muhammadiyah Paesan Kedungwuni, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan RME.terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Hasil belajar Matematika murid kelas V A SD Muhammadiyah Paesan Kedungwuni dengan menggunakan pendekatan RME dapat meningkatkan dari rata-rata nilai pretest 50,4 % meningkatkan menjadi 87,8% dari rata-rata posttest. Berdasarkan, hasil analisis untuk uji-t menunjukkan bahwa nilai t sebesar 3,582 dan nilai signifikansi 0,02. Nilai signifikansi menyatakan lebih kecil dari 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil pre test dan posttest dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatwa, Alyan198709282019031003UNSPECIFIED
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:37
Last Modified: 23 Oct 2023 08:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4088

Actions (login required)

View Item View Item