Fudlah, Khilya (2023) Peningkatan Hasil Belajar SKI Melalui Metode Bernyanyi pada Siswa Kelas III di MIM Delegtukang Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2317043_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (4MB) |
|
Text
2317043_Full Text..pdf Download (10MB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan penulis di MIM Delegtukang Wiradesa. Berdasarkan hasil data pra penelitian mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) yaitu mempelajari peristiwa masa lalu, mayoritas materi yang tercantum dalam buku lebih banyak poin menghafal. Sebab itu terdapat beberapa hasil belajar siswa yang rendah. Sehingga, guru muncul ide kreatif yaitu dengan menggunakan metode bernyanyi dalam pembelajaran kedepannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan metode bernyanyi pada pembelajaran SKI kelas III MIM Delegtukang Wiradesa, dan juga untuk mendeskripsikan mengenai peningkatan hasil belajar SKI dengan menggunakan metode bernyanyi pada siswa kelas III MIM Delegtukang Wiradesa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil sebagai berikut: Hal ini terbukti dengan peningkatan yang signifikan pada awal penelitian yaitu pra siklus yang masih menggunakan metode ceramah mendapatkan hasil belajar siswa semula hanya 12,5% , kemudian setelah menggunakan metode bernyanyi pada hasil belajar siswa pun juga mengalami peningkatan dari siklus I 70%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Terjadinya peningkatan sebesar 75% dari pra siklus hingga siklus II. Setelah mencapai target indikator keberhasilan yaitu 85% dan pada penelitian ini diperoleh hasil 87,50%. Maka sudah tidak diperlukan lagi siklus III atau siklus lanjutan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI pada siswa kelas III MIM Delegtukang Wiradesa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Peningkatan, Metode Bernyanyi, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 24 Oct 2023 09:14 | ||||||||
Last Modified: | 24 Oct 2023 09:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4107 |
Actions (login required)
View Item |