Alvi, Rifcha Wanda (2023) Pelaksanaan hipnoterapi dzikir untuk mengatasi trauma remaja akibat bullying di klinik hypnoterapi Medono Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3319014_COVER_BAB I & BAB V _DP.pdf Download (4MB) |
|
Text
3319014_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya remaja yang mengalami trauma akibat bullying. Gejala yang ditunjukan dari remaja yang mengalami trauma akibat bullying yaitu penghindaran diri dari teman sebayanya dan kewaspadaan atau reaksi terkejut berlebihan. Adapun untuk mengatasinya remaja yang mengalami trauma akibat bullying menggunakan hipnoterapi dzikir. Hipnoterapi dzikir adalah teknik terapi pikiran menggunakan hipnosis dengan relaksasi dzikir. Tujuan penelitan adalah: a) Untuk mengetahui gambaran trauma remaja akibat bulliying di Klinik Hypnoterapi Medono Kota Pekalongan sebelum dan sesudah diberikan hipnoterapi dzikir; b) Untuk mengetahui pelaksanaan hipnoterapi dzikir untuk mengatasi trauma remaja akibat bullying di Klinik Hypnoterapi Medono Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kegunaan penelitian ini yaitu meliputi kegunaan teoritis dan praktis. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran trauma remaja akibat bullying dilihat dari 3 aspek yaitu aspek emosional, aspek kognitif dan aspek behavioral. Pelaksanaan hipnoterapi dzikir dapat mengatasi trauma remaja akibat bullying dibuktikan dengan perubahan pada subjek mulai dari aspek emosional, aspek kognitif, dan aspek behavior. Remaja yang mengalami trauma akibat bullying sesudah diberikan hipnoterapi dzikir seiring berjalannya waktu sudah bisa merasakan perubahan yang positif, remaja (klien) mulai bisa memaafkan pelaku meskipun kejadian yang menimpanya tidak bisa dilupakan begitu saja, sudah bisa mengontrol emosi, sudah mau berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain dan klien sudah merasakan adanya semangat dalam menjalani kehidupan yang dijalaninya. Pelaksanaan hipnoterapi dzikir untuk mengatasi trauma remaja akibat bullying meliputi 6 tahap diantaranya: Prienduction Interview, Induction, Deepening, Depeth Level Test, Suggestion, termination. Dalam tahap induction hipnoterapis membacakan dzikir, dan bacaan dzikir tersebut diikuti oleh remaja (klien) yang sedang melakukan hipnoterapi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hipnoterapi, dzikir, trauma remaja akibat bullying | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X5.2 Tasawuf 600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 610 Medical and Medicine Science(IlmuKedokteran dan Ilmu Pengobatan) > 615.8 Physical Therapies and Kinds of Therapics/Terapi Fisik dan Jenis-jenis Terapi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Tasawuf dan Psikoterapi | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2023 08:56 | ||||||||
Last Modified: | 12 Feb 2024 11:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4132 |
Actions (login required)
View Item |