Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama (Studi Kasus Di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Di Kota Tegal)

Lukman, Saeful (2023) Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama (Studi Kasus Di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Di Kota Tegal). Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5221004- Cover_Bab I_Bab VII.pdf

Download (935kB)
[img] Text
221004- Full Text .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tesis ini membahas tentang Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Studi Kasus Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri di Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis bagaimana pendekatan pendidikan agama Islam berbasis moderasi beragama, 2) untuk menganalisis bagaimana moderasi beragama di sekolah uasaha perikanan menengah Negeri Tegal, 3) untuk menganalisis bagaimana dampak pendidikan agama Islam terhadap moderasi beragama di sekolah usaha perikanan menengah negeri Tegal. Realitas Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menggambarkan bentuk dari implementasi pendidikan agama Islam berbasis moderasi beragama di SUPM N Tegal. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, keabsahan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan agama Islam berbasis moderasi beragama di SUPM Negeri di Kota Tegal sudah sangat maksimal dilihat dari a) penyusunan silabus dan b) pengembangan RPP sebagaimana dalam silabus sendiri sudah tersisip (insersi) tentang moderasi beragama sedangkan di dalam RPP yang digunakan nilai moderasi beragama diwujudkan baik dengan pendekatan atau model pembelajaran serta dengan penyesuaian materi yang mengandung nilai moderasi beragama. 2) Realitas moderasi beragama SUPM dari perbedaan Agama bagi para siswa pada realitanya tidak menjadikan penghalang dan penyekat bagi mereka dalam dalam melaksanakan ibadah, komunikasi dan interaksi sosialnya. Aktivitas rutin yang menjadi agenda kegiatan sekolah pun diikuti oleh mereka semua baik tanggung jawab secara pribadi atau kelompok. Dalam pelaksanaan ibadah bagi siswa SUPM telah di siapkan tempat ibadah seperti Masjid, Gereja dan Pura sesuai dengan Agama masing-masing. 3) Dampak pendidikan agama Islam berbasis moderasi beragama dapat membentuk siswa yang berkarakter dan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai moderasi beragama. Sikap moderasi beragama bagi siswa-siswi SUPM Tegal anatara lain; sikap toleran, menolak tindak kekerasan, dan menghargai budaya lokal yang beragam.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, Susminingsih197502111998032000UNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beragama
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jan 2024 09:08
Last Modified: 02 Feb 2024 08:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4175

Actions (login required)

View Item View Item