Efektivitas Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Moderasi Beragama Anak Usia Dini Di Kelompok B RA Muslimat Logandeng Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan

Silviana, Aisya (2023) Efektivitas Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Moderasi Beragama Anak Usia Dini Di Kelompok B RA Muslimat Logandeng Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2419040_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2419040_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Moderasi beragama merupakan cara pandang dan cara seseorang bersikap tegas dalam menghargai dan menyikap perbedaan keragaman agama, dan juga perbedaan ras, suku, budaya, adat istiadat, dan juga etis agar dapat menjaga kesatuan antar umat beragama serta memelihara kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Nilai-nilai moderasi agama yaitu keadilan, keseimbangan, kebaikan, hikmah, istiqomah, dan toleransi. Di Era perkembangan zaman saat ini perlunya menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada anak usia dini agar menghasilkan generasi yang baik dan menjadi generasi moderat. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Bagaimana Efektivitas Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Moderasi Beragama Anak Usia Dini Di Kelompok B RA Muslimat Logandeng Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan, dan Bagaimana Hasil Peningkatan Efektivitas Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Moderasi Beragama Anak Usia Dini Di Kelompok B RA Muslimat Logandeng Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bagaimana Efektivitas Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Moderasi Beragama Anak Usia Dini Di Kelompok B RA Muslimat Logandeng Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian True Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak usia dini RA Muslimat Logandeng Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Sampel penelitian ini yaitu kelompok B sebanyak 54 anak, kelompok eksperimen terdapat 27 anak dan kelompok kontrol terdapat 27 anak. Teknik analisis data menggunakan presentase skor dan uji wilcoxon. Pengetahuan anak dalam pemahaman moderasi beragama sebelum dan setelah treatment terdapat perbedaan dengan selisih perbedaan nilai rata-rata sebesar 16,54 dengan peningkatan sebesar 57%. Penggunaan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan pemahaman moderasi beragama anak usia dini dinilai baik. Hal ini dilihat dari hasil pengujian uji Wilcoxon Signed Rank test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar (0,000) < 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan bahwa dalam uji Wilcoxo Signed Rank test dapat dikatakan bahwa H o ditolak dan H a diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media buku cerita bergambar terhadap peningkatan moderasi beragama anak usia dini di RA Muslimat Logandeng Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Buku Cerita Bergambar, Anak Usia Dini.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Jan 2024 09:18
Last Modified: 26 Jan 2024 09:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4186

Actions (login required)

View Item View Item