Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 6 SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang

Aini, Arfiyatul (2023) Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 6 SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319002_Cover Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2319002_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Literasi Sains Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri yang digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 6 di SDN Deles 01. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan lingkungan alam menggunakan metode inkuiri untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 6 SDN Deles 01. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan Perencanaan Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 6 di SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. (2) Menjelaskan Proses Pemanfaatan Lingkungan alam Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 6 di SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. (3) Menjelaskan Hasil Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 6 di SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Jenis penelitan dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi: kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam di SDN Deles 01 sudah dimanfaatkan dengan baik dengan menggunakan metode inkuiri untuk meningkatkan literasi sains. Perencanaan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 6, yaitu guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan menyiapkan materi sebelum pembelajaran dimulai. Proses pemanfataan lingkungan alam sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 6 ada 2, yaitu (1) memilih metode pembelajaran yang akan digunakan (2) penggunaan metode Inkuiri dalam pemanfaatan lingkungan alam. Adapun proses pelaksanaan pembelajaran nenggunakan metode inkuiri ada 6 langkah, yaitu (1) penjelasan prosedur pembelajaran (2) menyajikanmasalah (3) pengumpulan data (4) pengajuan hipotesis (5) menguji ipotesis (6) menarik kesimpulan. Hasil dari pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 6 SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang ada 2, yaitu (1) Literasi Sains Siswa Dirumah (2) Siswa dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan sains (3) Peningkatan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKusumawati, Putri Rahadian DyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lingkungan Alam, Metode Inkuiri, Literasi Sains
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
700 THE ART, FINE AND SPORT (KESENIAN, HIBURAN, DAN OLAH RAGA) > 720 Architecture (Arsitektur) > 723 Architecture from 300 – 1399/Arsitektur Tahun 300 sampai dengan Tahun 1399
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:59
Last Modified: 21 Feb 2024 02:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item View Item