Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Konveksi UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Usaha Konveksi Desa Langkap Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan)

Pratama, Subkhan Fikry (2023) Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Konveksi UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Usaha Konveksi Desa Langkap Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013316018_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2013316018_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

UMKM konveksi menjadi salah satu sektor yang diandalkan dalam perkembangan ekonomi indonesia, usaha konveksi harus mampu melakukan beberapa hal seperti keahlian dalam bersaing. Masalah usaha di bidang konveksi yang semakin rumit, dimana pesaing yang semakin banyak muncul dari berbagai kalangan dan keharusan untuk mengikuti kemajuan pasar dunia, sehingga banyak pengusaha konveksi memilih strategi dengan memanfaatkan teknologi di Indonesia yang semakin berkembang ini. Salah satunya yaitu menggunakan E-Commerce dalam pemasaran produk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan teknik pendekatan kualitatif, sumber yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah pengusaha UMKM konveksi di desa Langkap kecamatan Kedungwuni yang menggunakan layanan E-Commerce dalam pemasaran produknya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode triangulasi: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa; 1) Motivasi pengusaha (UMKM) konveksi di desa Langkap, kec. Kedungwuni kab. Pekalongan dalam menggunakan layanan e-commerce ialah motivasi spiritual, motivasi kompetensi, motivasi prestasi, motivasi afiliasi, motivasi pendapatan atau insentif; 2) Strategi penggunaan e-commerce oleh pengusaha (UMKM) konveksi di desa Langkap, kec. Kedungwuni kab. Pekalongan dalam meningkatkan daya saing usahanya secara garis besar meliputi ; pembuatan akun toko, produk dan atributnya, promosi, program afiliasi, pelayanan pelanggan (customers); 3) Meningkatkan daya saing usaha ialah terbukanya aliran pendapatan baru (revenue stream) yang lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional, meningkatkan market exposure, menurunkan biaya operasional (operating cost), melebarkan jangkauan (global reach), meningkatkan kesetiaan pelanggan (customer loyalty), meningkatkan manajemen pemasok (supplier management), memperpendek waktu produksi. sedangkan, problema yang dihadapi ialah otentikasi subyek yang membuat transaksi melalui internet, obyek transaksi yang diperjualbelikan, hubungan hukum dan pertanggungjawaban para pihak yang terlibat dalam transaksi baik penjual, pembeli, maupun para pendukung seperti perbankan, internet service provider (ISP), legalitas dokumen catatan elektronik serta tanda tangan digital sebagai alat bukti, mekanisme penyelesaian sengketa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorStiawan, DrajatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Daya Saing, dan Konveksi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 25 Nov 2023 06:59
Last Modified: 25 Nov 2023 06:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4234

Actions (login required)

View Item View Item