Pengaruh Religiusitas dan Gaya Hidup Terhadap Online Repurchase Intention dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel Intervening pada E-Commerce Shopee oleh Konsumen Muslim (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2022 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)

Rahmah, Hatma Aura (2023) Pengaruh Religiusitas dan Gaya Hidup Terhadap Online Repurchase Intention dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel Intervening pada E-Commerce Shopee oleh Konsumen Muslim (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2022 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119094_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4119094_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan fenomena pembelian melalui internet saat ini telah mengubah sistem penjualan menjadi modern. Fenomena ini menjadi tanda bahwa masyarakat mulai berbelanja secara aktif di e-commerce. Shopee menjadi salah satu e-commerce di Indonesia dengan kunjungan situs terbanyak di Indonesia tahun 2022. Fitur Shopee mampu menarik konsumen agar melakukan pembelian ulang secara online yang dipengaruhi oleh kepuasan dikalangan mahasiswa pengguna Shopee. Khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2022 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas dan gaya hidup terhadap online repurchase intention melalui kepuasan pelanggan pada e-commerce Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 488 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2022 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Sampel dalam penelitian ini adalah 83 sampel yang ditentukan berdasarkan hasil perhitungan rumus Slovin dengan margin of error 10%. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data berupa data kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh hipotesis diterima karena t hitung > t tabel dan nilai signifikansi > 0,05. Religiusitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Gaya hidup berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan. Kepuasan pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap online repurchase intention. Religiusitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap online repurchase intention. Gaya hidup berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap online repurchase intention. Religiusitas berpengaruh terhadap online repurchase intention melalui kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan. Gaya hidup berpengaruh terhadap online repurchase intention melalui kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPurwanti, IndahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Gaya Hidup, Online Repurchase Intention, dan Kepuasan Pelanggan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:56
Last Modified: 02 Nov 2023 06:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4256

Actions (login required)

View Item View Item