Pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi terhadap keputusan pembelian jilbab (studi kasus mahasiswi di Pekalongan)

Akmala, Wulaida Fitri (2018) Pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi terhadap keputusan pembelian jilbab (studi kasus mahasiswi di Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kebutuhan konsumen akan jenis produk jilbab selalu berubah. Mereka memenuhi kebutuhannya untuk aktivitas sehari-hari. Perilaku keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk jilbab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kuesioner. Sedangkan data sekunder berasal dari literature-literatur, data mahasiswi. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrument pertanyaan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda serta uji hipotesis dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji f) dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian, uji validitas semua item pertanyaan dinyatakan valid, hasil pengujian uji reliabilitas semua variabel dinyatakan reliabel. Hasil pengolahan data dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = -1,628 + 0,429X1 + 0,64X2 + 0,207X3 + 0,197X4+e. Koefisien determinasi yang terlihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,533 yang berarti 53,5% variabel keputusan pembelian jilbab dapat dipengaruhi oleh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi. Sedangkan sisanya 46,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel-variabel dalam penelitian ini variabel faktor budaya, faktor pribadi, dan faktor psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk jilbab. Sedangkan variabel faktor sosial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk jilbab. Nilai F hitung sebesar 28,937 dan signifikan pada 0,000 <dari α = 0.05 yang berarti faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi keputusan pembelian jilbab diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsfandiar, Ali AminUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologi, Keputusan Pembelian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 12 May 2020 03:47
Last Modified: 12 May 2020 03:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item