Strategi pembalajaran guru ski dalam mengatasi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan islam siswa di Masrasah Tsanawiyah At-taqwa 10 Rawa Silam Kota Bekasi

Rahayu, Angelie (2023) Strategi pembalajaran guru ski dalam mengatasi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan islam siswa di Masrasah Tsanawiyah At-taqwa 10 Rawa Silam Kota Bekasi. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119006_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2119006_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kegiatan belajar mengajar merupakan aktifitas yang mana guru mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa. Untuk menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar, guru harus menguasai strategi maupun metode pembelajaran dan cara guru mengatasi kejenuhan dalam kegiatan belajar mengajar di MTs At-Taqwa 10 Terpadu dan juga apa saja yang metode yang di terapkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pembelajaran guru SKI dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa dan faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran guru SKI dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di Madrasah Tsanawiyah AtTaqwa 10 Rawa Silam Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1. Guru SKI 2. Siswa MTs At-Taqwa 10 Terpadu Rawa Silam Kota Bekasi teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dimulai dari kondensasi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa menggunakan beberapa strategi dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan mengurangi rasa jenuh belajar siswa. Adapun strategi yang digunakan guru adalah sebelum mulainya pembelajaran guru ini melakukan ice breaking terlebih dahulu dan menggunakan strategi pembelajaran seperti mind mapping, jigsaw, diskusi, tanya jawab dan lain-lain sesuai kebutuhan pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, kejenuhan belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:05
Last Modified: 26 Jan 2024 06:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4374

Actions (login required)

View Item View Item