Efektivitas Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Analisa Data Kelas VII SMP Negeri 12 Pekalongan

Putri, Tri Risqiyati Ananda Wairi (2023) Efektivitas Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Analisa Data Kelas VII SMP Negeri 12 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Tri Risqiyati Ananda Wairi Putri (2619129) Bab I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tri Risqiyati Ananda Wairi Putri (2619129) Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan dalam pelaksanaannya sangat berkaitan dengan kegiatan atau proses belajar mengajar. Hal ini menjadi tugas sendiri bagi guru untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dengan berdasarkan pada konsep maupun teori yang sesuai sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Penyebab kurang tertariknya siswa terhadap pelajaran matematika karena mereka mengalami kesulitan dalam pemecahan beberapa soal. Kesulitan ini dapat disebabkan oleh metode atau pendekatan pengajaran yang digunakan guru kurang tepat. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang lebih efektif serta membuat seluruh siswa termotivasi dan berpartisipasi aktif. Untuk itu, dibuatlah penelitian mengenai “Efektivitas Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Analisa Data Kelas VII SMP Negeri 12 Pekalongan”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran quantum teaching efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan analisa data kelas VII SMP Negeri 12 Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran quantum teaching terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan analisa data kelas VII SMP Negeri 12 Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian true eksperimental design yang berbentuk pretest-posttest control group design dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 58 siswa, dimana 27 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan setelah proses pembelajaran menggunakan instrumen non tes berupa lembar observasi dan instrumen tes berupa soal pre-test sebanyak 5 soal dan post-test sebanyak 5 soal uraian. Hasil penelitian berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test memperoleh hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,029<0,05 maka H_a diterima yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran quantum teaching. Sementara itu, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 88,59 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu sebesar 83,47. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran quantum teaching yang diterapkan pada kelas eksperimen efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan analisa data kelas VII SMP Negeri 12 Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Hasil Belajar
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:22
Last Modified: 13 Nov 2023 02:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4399

Actions (login required)

View Item View Item