Kolaborasi guru pendidikan agama islam dengan guru bimbingan konseling dalam membentuk akhlakul karimah pada peserta didik di SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Pekalongan

Fatichah, Fatichah (2023) Kolaborasi guru pendidikan agama islam dengan guru bimbingan konseling dalam membentuk akhlakul karimah pada peserta didik di SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119094_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2119094_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan akhlak dimana dalam hal ini membentuk akhlakul karimah pada peserta didik sangat dibutuhkan. Membentuk akhak peserta didik di sekolah dibutuhkan dan tidak lepas dengan peran guru terutama guru PAI dan BK, sebab kedua guru tersebut sangat dibutuhkan untuk akhlak peserta didik. Membentuk akhlak peserta didik di lingkungan sekolah akan lebih mudah jika kedua guru PAI dan BK saling berkolaborasi dengan peserta didik yang memiliki latar belakang yang berbed-beda. Guru PAI dengan guru BK berupaya untuk program kolaborasi agar berjalan dengan baik dengan menjadikan peserta didik memiliki akhlakul karimah. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana kolaborasi guru PAI dengan BK dalam membentuk akhlakul karimah pada peserta didik di SMP Negeri 2 Bojong? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat kolaborasi guru PAI dengan guru BK dalam membentuk akhlakul karimah pada peserta didik di SMP Negeri 2 Bojong? Tujuannya adalah Untuk mendeskripsikan Kolaborasi Guru PAI dengan Guru BK Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik dan Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat Kolaborasi Guru PAI Dengan Guru BK dalam Membentuk Akhlakul Karimah Pada Peserta Didsik di SMP Negeri 2 Bojong. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif dan melalu pendekatan penelitian lapangan (File Research). Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni, data primer dari kepala sekolah guru PAI dan BK, dan peserta didik dan data sekunder dari beberapa jurnal, referensi buku. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semiterstruktur, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: bentuk pelaksanaan kolaborasi yang dilakukan guru PAI dengan guru BK untuk membentuk akhlakul karimah pada peserta didik dengan saling membagi tugasnya masing. Adapun bentuk akhlakul karimah yang diterapkan yaitu dengan menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah. Faktor pendukung dalam membentuk akhlakul karimah yaitu kerjasama guru PAI dan BK dengan guru lain, kerja sama guru dengan orang tua, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu dan kurangnya kesadaran diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, guru pai dan guru BK
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 10 Nov 2023 08:28
Last Modified: 06 Feb 2024 09:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4401

Actions (login required)

View Item View Item