Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring Pasca Pandemi Covid-19 dengan Berbantuan WhatsApp Group dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang

Islamiyati, Mei (2023) Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring Pasca Pandemi Covid-19 dengan Berbantuan WhatsApp Group dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Mei Islamiyati (2617032) Bab I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mei Islamiyati (2617032) Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pandemi Covid-19 instansi pendidikan dihadapkan dengan situasi para pengajar untuk dapat menguasai media pembelajaran secara daring. Sistem pendidikan daring menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran tatap muka dengan adanya aturan social distancing mengingat permasalahan waktu, lokasi, dan jarak yang menjadi kendala terbesar pada pandemi Covid-19. Whatsapp Group salah satu media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran daring di SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang. Rumusan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sistem daring pasca pandemi Covid-19 dengan berbantuan WhatsApp Group terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang; 2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang; 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sistem daring pasca pandemi Covid-19 dengan berbantuan WhatsApp Group dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan Ex post facto. Lokasi penelitian di SMP Plus Salafiyah Kauman kelas VIII Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah sampel 61 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik slovin. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel independent dan variabel dependent menggunakan hasil nilai ujian akhir semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 di kelas VII masa pandemi Covid-19. Analisis data menggunakan metode analisis regeresi linier beganda. Hasil penelitaan ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran sistem daring pasca pandemi Covid-19 dengan berbantuan Whatsapp Group terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang dengan nilai Sig. 0,016 < 0,05; 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang dengan nilai Sig. 0,033 < 0,05; dan 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran sistem daring pasca pandemi Covid-19 dengan berbantuan WhatsApp Group dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang nilai Sig. 0,008 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, WhatsApp Group, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:22
Last Modified: 13 Nov 2023 02:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4407

Actions (login required)

View Item View Item