Pengaruh Kuriositas Dan Konsentrasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di MI Islamiyah Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan Selatan

Azizah, Miftahul (2023) Pengaruh Kuriositas Dan Konsentrasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di MI Islamiyah Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan Selatan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2317014_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2317014_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Berdasarkan penuturan Bu Nazilatul Mifroh, Guru kelas IV saat awal pembelajaran siswa masih bisa fokus dan dikondisikan, namun menjelang pertengahan kegiatan belajar mengajar siswa mulai kurang fokus dan malas menyimak. Antusiasme para siswa terhadap membaca mengalami peningkatan karena didukung letak perpustakaan yang strategis. Pada mata pelajaran IPAS di semester 1 terdapat 4 bab, 3 bab mayoritas anak-anak di atas KKM dan bab 1 terakhir mayoritas anak-anak di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kuriositas terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPAS (2) Pengaruh konsentrasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPAS (3) Pengaruh kuriositas dan konsentrasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis riset ex-postfacto. Tipe studi korelasi terdiri dari tiga variabel yaitu kuriositas (X_1) dan konsentrasi (X_2) termasuk variabel X dan prestasi belajar IPAS termasuk variabel Y. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi serta analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kuriositas tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Pada kolom keofisien regresi didapatkan nilai t_hitung= -0,858 < t_tabel = 2,002 dan taraf Sig. = 0,395 > 0,05, 2) Konsentrasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Didapatkan nilai t_hitung= -3,015 < t_tabel = 2,003 dan taraf Sig. = 0,004 < 0,05, 3) Kuriositas dan Konsentrasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Didapatkan nilai F_hitung = 4,854 > F_tabel =3,161 serta nilai Sig. = 0,011 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKusumawati, Putri Rahadian DyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kuriositas, Konsentrasi, Prestasi Belajar IPAS.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:32
Last Modified: 20 Feb 2024 08:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4424

Actions (login required)

View Item View Item