Implementasi strategi pembelajaran kontekstual inovatif dalam mengembangkan minat belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan

Zamzami, Muhammad Risqi (2023) Implementasi strategi pembelajaran kontekstual inovatif dalam mengembangkan minat belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319064_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2319064_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Muhammad Risqi Zamzami. 2023. Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V DI SD Negeri Kradenan 01 Pekalongan. Dosen Pembimbing: Mohamad Yasin Abidin, M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual inovatif, minat belajar, siswa kelas V. Pendekatan kontekstual inovatif merupakan pendekatan pembelajaran yang dikembangkan dengan tujuan agar proses pembelajaran berjalan dengan aktif, produktif, dan memiliki makna dalam kehidupan siswa. Tidak hanya menekankan pada pengetahuan kognitif saja tetapi juga pada afektif dan psikomotorik. Namun masih terdapat beberapa siswa yang sulit memahami dan menerapkan materi yang disampaikan. Minat adalah kecenderungan hati atau gairah atau keinginan yang teinggi terhadap sesuatu. belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Tujuan penelitian ini adaah Untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran kontekstual inovatif dalam mengembangkan minat belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi strategi pembelajaran kontekstual inovatif dalam mengembangkan minat belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi pembelajaran kontekstual inovatif dalam mengembangkan minat belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya berupa penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan, guru kelas V dan siswa SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan, menghasilkan: Guru membuat perencanaan dalam proses implementasi strategi pembelajaran kontekstual inovatif, dengan cara membuat serangkaian perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus, model pembelajaran, metode pembelajaran, serta mempersiapkan materi yang akan diajarkan. Hal tersebut sangatlah mendukung dalam implementasi strategi pembelajaran kontekstual inovatif. Dalam pelaksanaanya, implementasi strategi pembelajaran kontekstual inovatif, menggunakan tiga model pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis inquiry dan pembelajaran berbasis proyek. Evaluasi yang digunakan guru melibatkan komponen-komponen utama pembelajaran efektif serta karakteristik dan tujuan. Faktor pendukung Hubungan guru dengan siswa yang baik dan bersahabat baik didalam sekolah maupun diluar sekolah terjadinya interaksi yang cukup baik antara guru dan siswa. Ketika bertemu dengan guru para siswa menyapa dengan ramah begitu pula sebaliknya. Antusias yang tinggi pada siswa ketika strategi ini viii diterapkan, itu terbukti ketika proses pembelajaran berlangsung siswa sangat antusias dan terlihat semangat mengikuti proses pembealajaran. Sarana dan prasarana yang lengkap sangat penting di perlukan dalam suatu lembaga pendidikan. Sarana dan prasarana yang mewadahi sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang bermutu. Seperti musholla, ruang audio visual, ruang praktek,dan laboraturium serta perpustakaan. Faktor penghambat Ada sebagian guru yang menggunakan strategi atau model pembelajaran yang monoton dengan periapan yang kurang matang. Terbatasnya waktu atau jam pelajaran di dalam kelas menjadi kendala dalam menerapkan dan mengembangkan strategi pembelajaran kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, MohamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual inovatif, minat belajar, siswa kelas V.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:36
Last Modified: 21 Dec 2023 04:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4438

Actions (login required)

View Item View Item