Peran orang tua untuk meningkatkan motivasi anak dalam belajar membaca Al-qur'an di TPQ Baitussalam Desa Babalan Lor Bojong Pekalongan

Atikah, Nur (2019) Peran orang tua untuk meningkatkan motivasi anak dalam belajar membaca Al-qur'an di TPQ Baitussalam Desa Babalan Lor Bojong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang saat ini bisa dibilang menjadi salah satu tempat tujuan para orang tua untuk membantu mendidik anaknya dalam belajar Al-Qur’an. Mengingat pentingnya pembelajaran Al-Qur’an dan tidak semua orang tua bisa mengajar anaknya mengaji serta penanaman nilai teligius pada anak sejak dini maka keberadaan TPQ ini sangat membantu. Dengan segala kesibukan yang orang tua tekuni pada akhirnya orang tua tidak memperhatikan anaknya secara intensif dalam belajar membaca Al-Qur’an. Karena pentingnya membaca Al-Qur’an, sebagian orang tua hendaknya dapat memberikan perhatian anaknya agar dapat memberikan motivasi belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran orang tuauntukmeningkatkanmotivasi anak dalambelajar membaca Al-Qur’an di TPQ BaitussalamdesaBabalanLorBojongPekalongan?Bagaimana faktor pendukung dan penghambat motivasi orang tua untuk meningkatkan belajar membaca Al-Qur’an di TPQ Baitussalam desa Babalan Lor Bojong Pekalongan?. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan peran orang tuauntuk meningkatkan motivasi belajar anak dalam membaca Al-Qur’an di TPQ BaitussalamdesaBabalanLorBojongPekalongan.Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat motivasi orang tua untuk meningkatkan belajar anak dalam membaca Al-Qur’an di TPQ BaitussalamdesaBabalan LorBojongPekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Adapun dalam pelaksanaannya sudut pandang yang digunakan adalah jenis deskriptif. Dengan pendekatan kualitatif sehingga lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif.. Teknik pengumpulan data dalam penyusunan skripsi ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dengan mengumpulkan data melalui metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu peran orang tua untuk meningkatkan motivasi anak dalam belajar membaca Al Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qurán (TPQ) Baitussalam BabalanLor Bojong Kabupaten Pekalongan adalah dengan menggunakan metode pembiasaan, nasihat dan cerita, keteladanan, pemeliharaan, partisipasi, disiplin, hiwarnabawi, ibrah dan mauizzah dan metode targhib. Solusi yang dilakukan orang tua menghadapi kendala dalam membimbing anak untuk memotivasi belaja ranak membaca Al Qur’an didik Taman Pendidikan Al-Qurán (TPQ) Baitussalam Babalan Lor Bojong Kabupaten Pekalongan yakni dengan menyempatkan waktu untuk mendampingi dan mengantar anak ke Taman Pendidikan Al-Qurán (TPQ) Baitussalam Babalan Lor Bojong Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua, motivasi, membaca al Quran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 12 May 2020 06:08
Last Modified: 12 May 2020 06:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item