Upaya peningkatan kemampuan menghafal al-qur'an surat al-fajr sampai surat an-naba di SDIT Ulul Albab Kota Pekalongan kelas III C semester I tahun pelajaran 2015-2016 melalui metode kooperatif teaching learning

Anumuw, Aktif Mustain Billah (2015) Upaya peningkatan kemampuan menghafal al-qur'an surat al-fajr sampai surat an-naba di SDIT Ulul Albab Kota Pekalongan kelas III C semester I tahun pelajaran 2015-2016 melalui metode kooperatif teaching learning. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211071 AKTIF MUSTAIN BILLAH ANUMUW BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (14MB)
[img] Other (Thesis)
2021211071 AKTIF MUSTAIN BILLAH ANUMUW BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nampaknya kesadaran terhadap peningkatan kemauan belajar Tahfidz di tingkat SDIT begitu penting.Sebab pelajaran Tahfidz menapakan materi kerangka dasar pengamalan ibadah bagi pemeluk agama islam yang harus dikenalkan dan diketahui Oleh anak-anak pada pendidikan dasar. Salah satu bentuk kesadaran itu adalah dengan munculnya pengembangan pembelajaran berbasis Kooperatif Teaching Learning sebagai cara atau strategi meningkatkan hafalan Al-qur'an siswa sebagai peserta didik yang berada di tingkat SDIT tersebut. Rumusan masalahnya : (l ) Bagaimana kemampuan anak SDIT ululalbab dalam menghafal Al-Qur'an surat An-Naba sampai surat Al-fajr? (2) Bagaimana upaya peningkatan kemampuan anak SDIT ululalbab dalam menghafal alqur'an surat An-Naba sampe surat Al-fajr melalui metode Kooperatif Teaching Learning? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam menghafal Al-Qur'an yang dilakukan olehguru pada mapel Tahfidz kelas Ill C semester I di SDIT Ulul Albab kota Pekalongan 2015/2016 (2) Untuk mengetahui kemampuan anak dalam menghafal Al-Quran melalui metode Kooperatif Teaching Learning pada mapel Tahfidz kelas Ill C semester I di SDIT ululalbabkota Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian dari penulisan skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), Penelitian tindakan merupakan suatu proses yang memberikan kepercayaan kepada pengembang kekuatan berpikir reflektif, diskusi, penentuan keputusan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan sesuai dengan rencana yaitu ruang kelas Ill C semester I di SDIT Ulul Albab Kota Pekalongan. Pelaksanaan pada tanggal 21 Juli 2015 dilakukan prasiklus, tangga17 Agustus 2015 dilakukan siklus I dan tanggal 9 september 2015 dilakukan siklus Il, semuapada 07.30 WIB sampai dengan 10.00 Wib dengan KD menghafal surat Alfajr-surat An-naba. Peningkatan kegiatan belajar Tahfidz siswa setelah menerapkan pernbelajaran berbasis kooperatif teaching Learning pada Pelajaran tahfidz kelas Ill C semester I di SDIT Ulul Albab Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016 sudah tinggi. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas belajar Tahfidz ada 25 siswa (83,3%), yang cukup ter]ihat adanya peningkatan aktivitas belajar Tahfidzb ada 5 siswa (16,7%), dan yang belum terlihat peningkatan belajar Tahfidz tinggal (0%).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Menghafal al-qur'an dan pembelajaran berbasis kooperatif teaching learning
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 13 Nov 2023 04:27
Last Modified: 13 Nov 2023 04:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4442

Actions (login required)

View Item View Item