Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Smk Ma'arif Nu Kajen Kabupaten Pekalongan

Muflikhah, Zahrotul (2023) Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Smk Ma'arif Nu Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2219043_COVER BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2219043_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Muflikhah, Zahrotul. 2219043. Analisis kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), UIN K.H. Abdurrahman Wahid, Pembimbing Dr. Muhammad Jaeni M.Pd, M.Ag Kata kunci : pembelajaran, pedagogik, guru Penelitian ini mengkaji tentang analisis kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini 1. Bagaimana kompetensi guru dalam merancang pembelajaran Bahasa Arab di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan? 2. Bagaimana kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan? 3. Bagaimana kompetensi guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek yang diteliti yaitu guru Bahasa Arab SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data yaitu guru pengampu dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah guru bahasa Arab di SMK Ma’arif NU Kajen sudah memiliki kompetensi pedagogik yang baik dibuktikan dengan kemampuannya dalam merancang pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran guru membuat rancangan seperti RPP dan silabus di awal semester dengan melihat materi yang ada di Program Tahunan. Kemudian dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan mencakup 3 aspek pelaksanaan meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan penutup. Ketiga aspek tersebut dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat. Guru Bahasa Arab juga sudah memiliki kemampuan pedagogik dalam pengelolaan kelas, berkomunikasi dengan baik, serta memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan dalam melakukan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan mencakup 3 aspek penilaian yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilihat melalui pengamatan terhadap sikap peserta didik dan keaktifannya didalam kelas. Penilaian pengetahuan dilihat dari hasil belajar peserta didik melalui penugasan latihan-latihan soal yang diambil dari buku bacaan Bahasa Arab. Sedangkan penilaian keterampilan dilihat dari nilai praktik. Melalui tiga aspek tersebut diharapkan peserta didik dapat memahami materi pelajaran dengan baik sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, pedagogik, guru
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Nov 2023 08:08
Last Modified: 13 Nov 2023 08:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4447

Actions (login required)

View Item View Item