Handayani, Afrida (2023) Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Pai Pada Siswa Kelas V Sdn Kecepak Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319070_COVER_BAB I DAN BAB V_DP.pdf Download (3MB) |
|
Text
2319070_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Afrida Handayani. 2023. Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas V. Dosen Pembimbing : Mokh. Imron Rosyadi, M.Pd Pembelajaran audio visual adalah kombinasi antara media audio dan media visual atau bisa disebut media pandang dengar. Penggunaan audio visual ini dapat menyajikan isi tema kepada anak akan semakin lengkap dan optimal. Media audio visual dalam kegiatan pembelajaran dapat menunjang peran dan tugas guru. Selain itu penggunaan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar pada siswa sehingga hasil belajar yang diperoleh akan maksimal. Adapun rumusan masalah dari penelit ian ini adalah bagaimana penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN Kecepak. Bagaimana peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas V dengan penggunaan Audio Visual SDN Kecepak. Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelit ian adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN Kecepak dan untuk mei ngetahui peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas V dengan penggunaan Audio Visual SDN Kecepak. Hasil penelit ian ini diharapkanidapat memperkayaireferensi guru PAI dan semua kalangan ipendidikan, khususnyaidalam upayai pengkajian iseicara le bih komprehensif dan mendalam terhadap pendidikan. Penelit ian ini menggunakan metode penelit ian kuant itatif dengan metode penelit ian PTK (Penelit ian Tindakan Kelas). Subjek penelit ian adalah siswa siswi kelas V SD Negeri Kecepak. Penelit ian ini dilakukan dalam 2 siklus. Cakupan tema pada materi yang dipelajari siklus 1 adalah Puasa dibulan Ramadhan, sedangkan pada siklus 2 bulan Ramadhan yang indah. Data hasil belajar PAI dikumpulkan dengan menggunakan penilaian hasil belajar. Hasil penelit ian menunjukkan bahwa Pembelajaran PAI-BP kelas V di SD Negeiri Kecepak Batang dengan menggunakan media pembelajaran audio visual dapat menigkatkan hasil belajar siswa, seteilah menggunakan media audio visual siswa yang meincapai ketuintasan yang diperoleh adalah 7 siswa, mencapai persentase 25% kemudian meningkat pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan 15 siswa, yang dipersentasekan 52% terakhir siswa yang mencapai ketuntasan 23 siswa, naik lagi hingga mencapai 82%. Pembelajaran PAI-BP kelas V di SD Negeri Kecepak Batang dengan menggunakan media pembelajaran audio visual dapat menigkatkan rata-rata nilai hasil beilajar siswa, seteilah mengguinakan media auidio visuial rata rata nilai siswa pada pra siklus adalah 60 meningkat pada siklus I mencapai nilai rata-rata 70 dan pada siklus II nilai rata meincapai 80,71.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran audio visual, hasil belajar, siswa kelas V | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2023 01:47 | ||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2023 01:47 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4496 |
Actions (login required)
View Item |