Maulana, M. Lutfi (2023) Pengembangan E-LKPD Pada Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK N 1 Karangdadap. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2619041_Cover_Bab I dan Bab V-1.pdf Download (826kB) |
|
Text
2619041_Full Text-1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Banyak siswa menganggap matematika sulit dipelajari. Pembelajaran matematika saat ini masih cenderung menggunakan pendekatan konvensional. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang cenderung monoton dan kurangnya media pembelajaran yang inovatif salah satunya di SMK N1 Karangdadap. Sehingga pada penelitian ini, peneliti memilih membuat E-LKPD berupa aplikasi website live worksheets yang bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut dan mengubah pandangan siswa tentang matematika yang suit dipelajari serta membuat pembelajaran menjadi bervariatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kelayakan, kepraktisan dan keefektifan E-LKPD pada pembelajaran project based learning dengan pendekatan saintifik tehadap hasil belajar siswa SMK N 1 Karangdadap dimana media pembelajaran ini diharapkan dapat sesuai dan bermanfaat untuk peserta didik dan guru SMK N 1 Karangdadap. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and development (R&D) dan model pengembangan yang diterapkan adalah ADDIE atau Analysis, design, development, implementation, evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penlitian ini adalah deskriptif-analitik. Hasil produk media pembelajaran berbasis aplikasi website Live Worksheets yaitu berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan materi bahwa kevalidan/kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi website live worksheets memperoleh skor valid dengan skor 57 presentase 76% dengan kategori “layak” oleh ahli media dan memperoleh skor 62 dengan presentase 89% dengan kategori “sangat layak” oleh ahli materi. Kemudian kepraktisan media pembelajaran berbasis aplikasi website live worksheets memperoleh skor 73 atau 91,25% dengan kategori “sangat praktis” oleh guru dan memperoleh rata-rata skor 68,11 atau 85,1% dengan kategori “sangat prakts”. Pada hasil keefektifan, hasil pre-test mendapatkan persentase 26,47% dan post-test mendapatkan persentase 85,29% yang mana aplikasi berbasis website ini terbukti efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Live worksheets, E-LKPD, Project Based Learning, Saintifik, Hasil Belajar. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2023 04:45 | ||||||||
Last Modified: | 15 Dec 2023 07:47 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4498 |
Actions (login required)
View Item |