Pengaruh intensitas penggunaan media sosisal terhadap perstasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang

Safitri, Ayu Kinasih (2023) Pengaruh intensitas penggunaan media sosisal terhadap perstasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117222_COVER_BAB I & BAB V_DP-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2117222_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penggunaan media sosial telah memberikan banyak manfaat karena memudahkan dalam berbagai aspek kehidupan. Media sosial dapat mengambil peran sebagai media dalam pendidikan yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. siswa SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang sudah menggunakan media sosial. Intensitas penggunaan media sosial pada setiap siswa berbeda. Kemungkinan ada siswa yang menggunakan media sosial secara intens untuk belajar, mengikuti proses pembelajaran, mencari informasi dan juga ada siswa yang menggunakan media sosial secara intens hanya untuk bersenang-senang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana intensitas penggunaan media sosial pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas XI pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang? 3) Adakah terdapat pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti di SMK Negeri 1 Ampelgading. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan menambah ilmu pengetahuan di bidang pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif yaitu dengan menyebarkan kuisioner ke sampel yang berjumlah 70 responden. Pengolahan data menggunakan program SPSS Versi 25 For Windows dengan metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Intensitas penggunaan media sosial berpengaruh signifikan terhadap Prestasi belajar. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan program SPSS Versi 25 For Windows yaitu nilai thitung 3,256 > tTabel 1,99547 dan probabilitas signifikansi sebebesar 0.002 < dari 0,05 yang artinya intensitas penggunaan media sosial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatwa, AlyanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penggunaan media sosial, prestasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:51
Last Modified: 24 Jan 2024 08:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4499

Actions (login required)

View Item View Item