Peran Promotion Mix Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Untuk Menabung di BTPN Syariah Purbalingga (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga)

Setianingsih, Ani (2023) Peran Promotion Mix Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Untuk Menabung di BTPN Syariah Purbalingga (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4219132_Cover_Bab I _ Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4219132_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Promotion mix merupakan alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan melalui pasar yang dimasuki dan program promosi yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. Promotion mix yang dilalkukan bank menjadi sarana untuk memperkenallkaln produk yalng dimiliki bank kepada calon nasalbalh sehingga calon nasalbalh mengenall lebih jauh produk-produk yang ditawarkan bank. Oleh karena itu upaya pelayanan kualitas yang baik peneliti mencoba mengevaluasi peningkatan minat masyarakat dari sisi promotion mix. Dengan menggunakan promotion mix kegiatan promosi akan lebih menarik dan beragam, maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalalah untuk mengetahui bagaimana peran promotion mix dalam meningkatkan minat masyarakat untuk menabung di BTPN Syariah Purbalingga khususnya pada masyarakat Kecamatan Kejobong. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer. Dimana sumber data primer merupakan sumber data yang diperoleh langsung dari sumber utama baik individu maupun perorangan dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait dengan permasalahan penelitian. Dalam penelitian ini diperoleh hasil dari promotion mix yang dilakukan BTPN Syariah Purbalingga yaitu promosi dengan media periklanan (adverthising) periklanan yang dilakukan melalui penyebaran brosur dan updet status melalu whatsapp, selanjutnya menggunakan promosi penjualan (salles promotion) promosi dilakukan dengan pemberian voucer dan bonus bagi nasabah yang sudah sesuai target serta adanya souvenir yang dibagikan seperti kalender. Selanjutnya media promosi pemasaran langsung (direct marketing) dimana promosi ini dianggap paling efektif karena adanya komunikasi secara langsung dan tatap muka antara penjual dan pembeli, dan selanjutnya yaitu menggunakan promosi internet marketing (online marketing) yang dimana promosi ini menggunakan media sosial seperti instagram dan website yang dapat diakses melalui handphone. Kemudian hasil dari peran promotion mix dalam meningkatkan minat masyarakat ini ditandai dengan keberhasilan promosi yang diterima oleh masyarakat sehingga menimbulkan rasa tertarik dan minat yang dimana mereka memiliki sikap dan tindakan untuk bereaksi langsung atas promosi yang diterima. Sehingga 3 narasumber belum memberikan sikap untuk menabung serta 10 diantaranya memberikan respon minat dan memberikan reaksi langsung guna menabung diBTPN Syariah Purbalingga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyada, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promotion Mix, Meningkatkan, Minat, Menabung.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:09
Last Modified: 16 Nov 2023 07:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4526

Actions (login required)

View Item View Item