Huda, Khoirul (2019) Pengaruh penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap akhlak siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Kurikulum merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam dunia pendidikan, karena kurikulum merupakan suatu program pembelajaran yang sengaja dirancang oleh pemerintah untuk memperbaiki sistem pendidikan, maka dari itu kurikulum bersifat fleksibel atau dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Kurikulum yang saat ini digunakan di Indonesia adalah Kurikulum 2013 didalam salah satu kelebihan kurikulum 2013 adalah menjadikan siswa menjadi lebih aktif dan berkarakter. Salah satu pelajaran yang dapat membentuk karakter siswa adalah Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan kurikulum 2013 di SMPN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan?, (2) Bagaimana akhlak siswa di SMPN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan ?, (3) Adakah pengaruh antara penerapan kurikulum 2013 terhadap akhlak siswa kelas VII di SMPN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan cara melakukan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik analisis prasyarat (uji normalitas data), analisis regresi linier sederhana dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP N 1 Bojong Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata angket tentang penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebesar 80 berada dalam interval nilai 76–83. Sedangkan akhlak siswa kelas VII di SMP N 1 Bojong Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori cukup baik. hal ini berdasarkan nilai rata-rata angket tentang akhlak siswa sebesar 77 berada dalam interval 72–81. Kemudian penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap akhlak siswa kelas VII SMP N 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan koefisien korelasi product moment pearson diperoleh nilai r = 0,759 dan berdasarkan uji koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai sebesar 0,576 atau 57,60 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti, Akhlak. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Noorma Fitriana M. Zain | ||||||||
Date Deposited: | 13 May 2020 02:48 | ||||||||
Last Modified: | 13 May 2020 02:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/456 |
Actions (login required)
View Item |