Dzulkarnain, Muhammad Iskandar (2023) Korelasi hasil belajar btq dengan prestasi belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Muhammadiyah Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2118242_ COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (4MB) |
|
Text
2118242_ FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Latar Belakang Penelitian ini yaitu bahwa kasus yang sering terjadi di SMK Muhammadiyah Kedungwuni Pekalongan adalah ketika peserta didik disuruh membaca Al-Qur’an sering mengalami kesulitan, mungkin salah satu faktor penyebabnya adalah siswa di zaman sekarang lebih memilih bermain smartphone dibandingkan dengan membaca Al-Qur’an. Meskipun guru dan orang tua memotivasi mereka agar mau belajar membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Hal semacam inilah yang pada akhirnya bisa mengakibatkan mutu dan kualitas baca Al-Qur’an. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana prestasi belajar mapel PAI apakah ada korelasi antara hasil belajar BTQ dengan prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta mengetahui korelasi antara hasil belajar BTQ dengan prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.Metode Penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif Jenis penelitian yang akan digunakan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field resealrch)dengan menggunakan metode analisis korelasi product momentmerupakan metode untuk menginvestigasi hubungan statistik antara dua variabel atau lebih, analisis korelasi digunakan untuk menentukan kekuatan dan arah dari hubungan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah Tidak terdapat hubungan atau tidak terdapat korelasi antara hasil belajar BTQ dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hal tersebut dibuktikan dari besarnya F hitung 0,055 dengan taraf signifikansi sebesar 0,627. Berdasarkan perhitungan diatas maka korelasi sebesar 0,055 dengan nilai signifikansi 0,627 > 0,05, maka Ho yang menyatakan tidak adanya korelasi yang nyata (signifikan) variabel hasil belajar BTQ (X) dengan variabel prestasi belajar mapel PAI (Y) diterima, dan Ha yang menyatakan adanya korelasi yang nyata (signifikan) antara variabel hasil belajar BTQ (X) dengan variabel prestasi belajar mapel PAI (Y) ditolak, yang artinya tidak adanya korelasi yang nyata (signifikan) dari hasil belajar baca tulis AlQur’an terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Korelasi, hasil belajar BTQ, prestasi belajar pai | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2023 02:18 | ||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2024 03:16 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4564 |
Actions (login required)
View Item |