Pengaruh pembelajaran kitab ta’lim muta’allim terhadap adab siswa kelas XII pada guru di MA Salafiyah Yapensa Jenggot Kota Pekalongan

Nisa', Zahrotun (2023) Pengaruh pembelajaran kitab ta’lim muta’allim terhadap adab siswa kelas XII pada guru di MA Salafiyah Yapensa Jenggot Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119360_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2119360_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Madrasah Aliyah Salafiyah (MAS) YAPENSA merupakan Madrasah Aliyah terpadu yang menyajikan kurikulum Kemenag dan kurikulum Ponpes sebagai program unggulan serta ektrakulikuler yang mendukung. Hal ini untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan menjawab tantangan zaman karena era zaman sekarang generasi kita dituntut untuk menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang disertai ilmu agama yang mendalam dan diamalkan. Salah satu tugas guru Ta’lim Muta’allim adalah mencetak generasi muslim yang berakhlakul karimah dan mengajarkan adab-adab yang baik terutama pada guru, karena hal itu dapat mempengaruhi manfaat dan berkahnya para pencari ilmu untuk kehidupan di masa mendatang. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim kelas XII di MAS YAPENSA Jenggot Kota Pekalongan?, Bagaimana adab siswa kelas XII terhadap guru di MAS YAPENSA Jenggot Kota Pekalongan?, Bagaimana pengaruh Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim terhadap adab siswa kelas XII pada guru di MAS YAPENSA Jenggot Kota Pekalongan?. Tujuannya adalah untuk mengetahui pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim di kelas XII, Adab siswa kelas XII terhadap guru serta pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim terhadap adab siswa kelas XII pada guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Survey (survey research) dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data regresi linier sederhana. Sampel penelitian sebanyak 53 siswa yang diperoleh dari teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen non-tes, yaitu kuesioner dengan menggunakan skala likert pada variabel x dan variabel y, serta instrumen tambahan berupa observasi dan wawancara. Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim kelas XII di MAS YAPENSA Jenggot Kota Pekalongan pada awal sebelum pembelajaran guru mengkondisikan siswa terlebih dahulu lalu membukanya dengan salam. Metode pembelajaran yang digunakan sudah sesuai yaitu metode bandongan dimana guru membacakan kitab dan siswa memaknainya. Adapun adab siswa kelas XII pada guru di MAS YAPENSA Jenggot Kota Pekalongan yaitu siswa sudah menunjukkan ataupun menerapkan nilai-nilai dari adab terhadap guru. Hal tersebut dibuktikan dalam analisis uji regresi liner sederhana dengan output signifikasi sebesar 0,003 dimana lebih kecil dari 0,05 (0,003<0,05). Terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim terhadap adab kelas XII pada guru sebesar 40,4%. Adapun sisanya, sebesar 59,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatwa, AlyanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kitab ta’lim muta’allim, adab siswa terhadap guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:28
Last Modified: 26 Jan 2024 03:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4568

Actions (login required)

View Item View Item