Pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan

Wildan, Muhammad (2015) Pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211114 MUHAMMAD WILDAN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (7MB)
[img] Other (Thesis)
2021211114 MUHAMMAD WILDAN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sikap displin memang tidak mudah untuk ditanamkan pada setiap individu untuk menumbuhkembangkan kesadaran berdisiplin dalam proses belajar mengajar sekolah. sekolah menerapkan aturan-attvan atau tata tertib yang didalamnya terdapat kewajiban peserta didik serta sanksi bagi yang melanggar. Keberhasilan dalam proses belajar dapat diketahui dari prestasi yang dicapai Oleh siswa, dikarenakann prestasi belajar merupakan hasil yang telah dilakukan atau dikerjakan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana kedisiplinan siswa kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Bagaimana prestasi belgiar siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Bagaimana pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah aklllak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan Kedisiplinan Siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Untuk mendiskripsikan prestasi belajar >iswa dalam pembelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Untuk mendiskripsikan pengaruh Kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan. Kegunaan penelitian ini dapat menambah wacana dalam peningkatan kedisiplinan siswa serta Dapat mengetahui prestasi belajar siswa. Jenis penilitian ini adalah menggunakan studi lapangan (field research. sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah interview, angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penilitian ini menunjukan : pertama, Kedisiplinan (Variabel X) termasuk pada kategori baik, Hal ini ditunjukkan dari ni lai angket tentang kedisiplinan siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak (Variabel X) sebesar 69 berada pada kelas interval 69-74 yang berarti berada pada kategori baik. Kedua, Prestasi Belajar Siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas v (Variabel Y) adalah termasuk dalam kategori cukup, Hal ini ditunjukan dari rata-rata nilai raport semester genap 2014/2015 sebesar 74 terletak pada kelas interval 74-79 yang termasuk pada kategori cukup. Ketiga, I-lasil analisis revresi menggunakan program SPSS 16 didapatkan hasil persamaan regresi Y = 3,979 + 0,988 X. Hal ini menunjukan bahwa secara matematis setiap peningkatan pada kedisiplinana (variabel X) berakibat pada peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak kelas v (variabel Y). jadi semakin baik kedisiplinan siswa maka semakin baik Pula nilai prestasi belajar siswa dalam mapel aqidah akhlak kelas v MIS GumawangWiradesa-Pekalongan. Maka hipotesis yang diajukan Oleh penulis teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, Moh. YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, prestasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 17 Nov 2023 04:13
Last Modified: 17 Nov 2023 04:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4592

Actions (login required)

View Item View Item