Korelasi evaluasi belajar harian terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan

Muttaqin, Muttaqin (2015) Korelasi evaluasi belajar harian terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211129 MUTTAQIN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[img] Other (Thesis)
2021211129 MUTTAQIN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Terkait dengan pembelajaran PAI dengan luasnya materi yang harus dikuasai Oleh siswa dan juga keterbatasan uaktu tatap muka dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas, maka perlu dilakukan cara pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan dan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar tersebut didapat dengan adanya evaluasi yang dilakukan guru terhadap siswa. Evaluasi belajar dilakukan selama proses pelaksanaan pembelajaran. Sebagaimana diketahui bahwa dengan adanya evaluasi belajar harian maka peserta didik akan semangat dan rajin belajar sehingga dapat meningkatkan prestasinya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana evaluasi belajar harian PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan?, bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan?, bagaimana korelasi evaluasi belajar harian terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N I Tirto Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi belajar harian PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan, untuk mengetahui prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan, untuk mengetahui korelasi evaluasi belajar harian terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan. Kegunaan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran, sebagai alat diagnosa kesulitan belajar para siswa sehingga dapat ditemukan penyebab kegagalan siswa dalam menguasai tujuan pengajaran, sehingga hasil diagnosa dapat dijadikan bahan dalam memberikan bantuan dan bimbingan belajar kepada para siswa serta menjadi bahan masukan yang obyektif dalam meningkatkan prestasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan rumuS korelasi product moment dan Aplikasi spss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, hasil evaluasi belajar harian PAI siswa kelas VIII di SMP N I Tirto Pekalongan termasuk kategori baik. Kedua, hasil prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan termasuk dalam kategori baik. Ketiga, ada korelasi yang signifikan antara evaluasi belajar harian terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan diperoleh nilai rxy = 0,759. Dalam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIstiani, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi belajar harian, prestasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 17 Nov 2023 08:36
Last Modified: 17 Nov 2023 08:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4610

Actions (login required)

View Item View Item