Setyaningsih, Dian Ayu (2023) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka Materi Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV di Sd Negeri Kalipucang Kulon Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319116_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (5MB) |
|
Text
2319116_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika, tepatnya pada materi operasi hitung pembagian. Solusi supaya anak cepat memahami materi tersebut yaitu anak terlebih dahulu mengerti (kelipatan atau perkalian dasar) sebelum diajarkan lebih lanjut pembagian bersusun atau lebih tepatnya menyisipkan cara lama di dalam cara baru. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk kesulitan belajar matematika berbasis kurikulum merdeka materi operasi hitung pembagian, untuk menganalisis upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika berbasis kurikulum merdeka yang ditemukan dalam materi operasi hitung pembagian, dan untuk menganalisis implikasi dari upaya yang guru lakukan untuk mengatasi kesulitan belajar pelajaran matematika berbasis kurikulum merdeka materi operasi hitung pembagian pada siswa kelas IV di SD Negeri Kalipucang Kulon Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan dalam penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk kesulitan belajar matematika, antara lain: siswa kesulitan dalam memahami konsep pembagian, siswa kesulitan dalam keterampilan berhitung, sswa kesulitan dalam memecahkan masalah, siswa kurang berminat dalam materi pembagian, siswa kurang tertarik dengan variasi mengajar guru. (2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika anatara lain, meningkatkan sikap belajar siswa, penggunaan media pembelajaran, dan pemberian reward. (3) Implikasi dari upaya yang guru lakukan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika terbagi menjadi tiga, pertama implikasi bagi siswa yang mana siswa dapat lebih memahami materi operasi hitung pembagian dengan cara yang sederhana. Kedua yaitu implikasi bagi guru yaitu dapat mengusulkan solusi yang tepat sesuai dengan faktor kesulitan yang dialami oleh siswa. Ketiga implikasi bagi sekolah yaitu dapat meningkatkan kualitas sekolah, dan sebagai landasan bagi sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan agar proses pembelajaran berjalan dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Upaya, Implikasi | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2023 06:58 | ||||||||
Last Modified: | 20 Nov 2023 06:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4638 |
Actions (login required)
View Item |