Pengaruh promosi, transparansi, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap minat muzaki membayar zakat, infaq dan sedekah di Baitul Maal Forum Komunikasi Aktivis Masjid Cabang Pekalongan

Rahmawati, Dewi (2019) Pengaruh promosi, transparansi, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap minat muzaki membayar zakat, infaq dan sedekah di Baitul Maal Forum Komunikasi Aktivis Masjid Cabang Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) jumlah penduduk miskin di Pekalongan berjumlah 134.10 ribu jiwa pada tahun 2017. Dengan adanya kemiskinan perlu adanya dana kebajikan dimana dalam Islam dana tersebut berseumber dari zakat, infaq, sedekah dan dana kebajikan lainnya. Potensi zakat, infaq dan sedekah di Indonesia berdasarkan penilitian yang dilakukan BAZNAS pada tahun 2015 mencapai Rp. 286 triliun, namun potensi tersebut baru terkumpul dilapangan Rp. 3,7 triliun. Kurangnya optimal dalam pengumpulan dana zakat, infaq dan sedekah diakibatkan adanya permasalahan- permasalahan,dengan adanya permasalahan-permasalahan tersebut perlu adanya lembaga untuk mengelola dana tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel Promosi,Transparansi, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Muzaki Membayar Zakat, Infaq dan Sedekah di Baitul Maal Forum Komunikasi Aktivis Masjid Cabang Pekalongan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif penelitian ini dilakukan pada muzaki di Baitul Maal Forum Komunikasi Aktivis Masjid Cabang Pekalongan dengan mengambil sampel 100 responden dengan convinience sampling. Teknik analisis data dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menujukkan : (1)Promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat membayar ditunjukkan dengan nilai t hitung 1,799< t tabel 1.9852 dan nilai signifikansi 0,075> 0,05 (2)Transparansi berpengaru signifikan terhadap minat membayar ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,103>t tabel 1.9852 dan nilai signifikansi 0,038< 0,05 (3)Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat membayar ditunjukkan dengan nilai t hitung 6,217> t tabel 1.9852 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (4) Kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap minat membayar ditunjukkan dengan nilai t hitung 4,390> t tabel 1.9852 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (5) berdasarkan uji F diketahui bahwa keempat variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap minat membayar ditunjukkan denganFhitung sebesar 31,192> Ftabel 2,47 dengan tingkat signifikansi 000 < 0,05 (6) nilai adjusted R square sebesar 0,55. Hal tersebut menunjukkan bahwa 55% variabel minat dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen, sedangkan sisanya 45% dipengaruhi oleh variabel lai diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAenurofik, AenurofikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promosi, Transparansi, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Minat Membayar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 13 May 2020 06:48
Last Modified: 13 May 2020 06:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item