Musfiroh, Nur (2019) Penerapan kegiatan bermain musik perkusi dalam meningkatkan keterampilan sosial emosional anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Muslimat NU Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Taman Kanak-kanak Muslimat NU Wonopringgo merupakan sekolah dimana keberadaannya sangat berpengaruh dalam penerapan kegiatan bermain musik perkusi dalam meningkatkan keterampilan sosial emosional anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Muslimat NU Wonopringgo. Dengan keterampilan sosial emosional guru dapat memantau dan membimbing keterampilan sosial emosional anak tersebut sebagai upaya penerapan kegiatan bermain musik perkusi. Meskipun demikian ada beberapa anak didik belum menunjukkan keterampilan sosial emosional anak. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut muncul rumusan masalah dalam penelitian ini; 1) Bagaimana penerapan kegiatan bermain musik perkusi dalam meningkatkan keterampilan sosial emosional anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Muslimat NU Wonopringgo? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan kegiatan bermain musik perkusi dalam meningkatkan keterampilan sosial emosional anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Muslimat NU Wonopringgo. Adapun tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kegiatan bermain musik perkusi pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Muslimat NU Wonopringgo, dan untuk menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat dari penerapan kegiatan bermain musik perkusi dalam meningkatkan keterampilan sosial emosional anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Muslimat NU Wonopringgo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu reduksi data mengungkapkan dan memaparkan data serta fakta yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan kegiatan bermain musik perkusi dalam meningkatkan keterampilan sosial emosional anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Muslimat NU Wonopringgo adalah kegiatan bermain musik perkusi yang yang menggunakan alat-alat musik seperti galon bekas, wajan bekas, gayung bekas, sendok bekas, botol bekas, garpu bekas, botol sirup bekas dan lain sebagainya. Pada penerapan kegiatan bermain musik perkusi dalam meningkatkan keterampilan sosial emosional anak mempunyai faktor pendukung dan faktor penghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | musik perkusi, keterampilan sosial emosional anak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 13 May 2020 06:50 | ||||||||
Last Modified: | 13 May 2020 06:50 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/466 |
Actions (login required)
View Item |