Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Santri Tpq Ar-Rohmah Simbang Kulon

Kurniawati, Lia Esa Putri (2023) Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Santri Tpq Ar-Rohmah Simbang Kulon. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119074_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2119074_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Kurniawati, Lia Esa Putri. 2023. Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Santri Tpq Ar-Rohmah Simbang Kulon. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Kota Pekalongan. Pembimbing, Fatmawati Nur Hasanah. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi Implementasi Metode Yanbu'a dalam pembelajaran Al-Qur'an dan kemampuan baca tulis Al-Qur'an santri di TPQ Ar-Rohmah. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan untuk meningkatkan pendidikan agama Islam non-formal di TPQ Ar-Rohmah, dengan fokus pada pembelajaran Al-Qur'an. Rumusan masalah penelitian adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Implementasi Metode Yanbu'a dalam pembelajaran Al- Qur'an di TPQ Ar-Rohmah? (2) Bagaimana kemampuan baca tulis Al-Qur'an santri di TPQ Ar-Rohmah dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang implementasi metode Yanbu'a dan kemampuan baca tulis Al- Qur'an santri. Data primer dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan santri TPQ Ar-Rohmah, observasi, serta dokumentasi. Selain itu, data sekunder berupa literatur dan sumber terkait juga digunakan untuk mendukung analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode Yanbu'a di TPQ Ar- Rohmah adalah pendekatan efektif dalam pendidikan agama. Guru-guru TPQ ini merencanakan pembelajaran dengan matang, mengidentifikasi tujuan yang jelas, menyusun materi yang relevan, dan memilih metode evaluasi sesuai tujuan pembelajaran. Guru melakukan evaluasi berkala untuk mengukur kemajuan santri dan siap melakukan penyesuaian serta memberikan bantuan ekstra saat diperlukan. Selain itu, TPQ Ar-Rohmah memanfaatkan beragam sumber belajar, literatur, dan kolaborasi dengan TPQ lain serta mengakses literatur dan jurnal terkini terkait metode Yanbu'a. Kemampuan baca tulis Al-Qur'an santri TPQ Ar-Rohmah terbukti mencakup baik. Santri mampu membaca Al-Qur'an dengan baik, menghafal, memahami, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan pembelajaran yang interaktif dan partisipatif, pengelolaan kelas yang inklusif, dan lingkungan belajar yang positif telah mendukung perkembangan kemampuan baca tulis Al-Qur'an santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHasanah, Fatmawati NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Yanbu’a, Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:39
Last Modified: 20 Nov 2023 08:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4697

Actions (login required)

View Item View Item