Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di MA Subhanah Subah Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun 2018/2019

Ghoni, Abdul (2019) Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di MA Subhanah Subah Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Komunikasi merupakan sebuah proses interaksi untuk berhubungan dari satu pihak kepihak lainnya. Pada dasarnya proses pembelajaran adalah proses komunikasi. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan siswanya. Ketidaklancaran komunikasi membawa akibat terhadap pesan yang disampaikan guru. Salah satu hal yang memengaruhi motivasi belajar siswa adalah adanya komunikasi dari guru. Dengan adanya komunikasi dari guru, siswa bisa menjadi lebih semangat dan giat dalam belajar. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, muncul rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Seberapa besar pengaruh komunikasi guru dengan siswa kelas XI di MA Subhanah Subah? (2) Seberapa besar motivasi belajar siswa kelas XI di MA Subhanah Subah? (3) Adakah pengaruh komunikasi guru dengan siswa kelas XI di MA Subhanah Subah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Adakah Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di MA Subhanah Subah Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Field Research. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI di MA Subhanah Subah yang berjumlah 68 siswa. Dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 Siswa. Adapun dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis kuantitatif dengan analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa: Pertama, Komunikasi Guru dengan Siswa di MA Subhanah Subah adalah baik yakni dengan nilai rata-rata 78,45 dalam interval 75 – 79 pada frekuensi relatif 20%. Kedua, motivasi belajar siswa kelas XI di MA Subhanah Subah adalah lebih baik yakni dengan nilai rata-rata 76,725 termasuk kategori lebih baik dalam interval 74 – 81 pada frekuensi relatif 20%. Adapun pengaruh komunikasi guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di MA Subhanah Subah memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil penlitian telah didapat ttes 5,0890. Pada tingkat signifikansi 5% nilai ttabel nya 1,68595. Jadi nilai ttes 5,0890 lebih besar dari ttabel1,68595 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di MA Subhanah Subah Kecamatan Subah Kabupaten Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 13 May 2020 07:16
Last Modified: 13 May 2020 07:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item