Implementasi Metode NLP (Neuro Linguistic Programming) Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII di MTs NU Sunan Kalijaga Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal

Irfan, Muhammad Ali (2023) Implementasi Metode NLP (Neuro Linguistic Programming) Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII di MTs NU Sunan Kalijaga Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5221043_COVER_BAB I DAN BAB VII.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5221043_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Neuro-Linguistic Programming (NLP) adalah suatu teknik pembelajaran psikologis yang mengkomunikasikan alam bawah sadar atau pikiran bawah sadar secara efektif, yang dalam istilah modern saat ini disebut brain-hax, sehingga membuat siswa dapat meng-upgrade memori, indra, penampilan, komunikasi, pola pikir dan kecerdasannya. Selama pembelajaran berlangsung masih berpusat kepada gurunya sedangkan siswanya masih menjadi pendengar yang pasif. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk merancang suatu strategi yang dapat membuat pembelajaran itu menyenangkan. Pembelajaran menyenangkan merupakan upaya guru untuk menciptakan suasana menyenangkan dalam pembelajaan, sehingga pembelajaan menjadi lebih efektif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana Perencanaan Implementasi Metode Neuro Linguistic Programming dalam pembelajaran Fiqih Kelas VII di MTs NU Sunan Kalijaga Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal?, Bagaimana Pelaksanaan Metode Neuro Linguistic Programming dalam pembelajaran Fiqih Kelas VII di MTs NU Sunan Kalijaga Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal?., Bagaimana Evaluasi Metode Neuro Linguistic Programming dalam pembelajaran Fiqih Kelas VII di MTs NU Sunan Kalijaga Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fiqih di MTs NU Sunan Kalijaga Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal menggunakan model Neuro Linguistic Programming ini sangat efektif. Hal ini dilihat dari langkah-langkah yang digunakan oleh guru fiqih dalam menerapkan metode Neuro Linguistic Programming yaitu dengan menggunakan 5 rancangan pembelajaran yaitu Pace The State, Lead to The Desire State, Fire The Anchor, Nested Loop, dan Future Pacing telah sesuai dalam proses implementasinya dalam pembelajaran Fiqih kelas VII di MTs NU Sunan Kalijaga Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorGhufron, Muhammad AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Neuro Linguistic Programming, Pembelajaran Fiqih, Siswa Kelas VII.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:43
Last Modified: 05 Feb 2024 02:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4790

Actions (login required)

View Item View Item