Implementasi pendidikan karakter di TK Pertiwi Legokkalong Kecamatan Karanganyar tahun ajaran 2015/2016

Fauziyah, Fauziyah (2016) Implementasi pendidikan karakter di TK Pertiwi Legokkalong Kecamatan Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211196 FAUZIYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (29MB)
[img] Other (Thesis)
2021211196 FAUZIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dasar pendidikan karakter dan pembiasaan-pembiasaan sebaiknya diterapkan sejak usia dini (kanak-kanak), karena pada usia ini sangat menentukan kemampuan anak dalam mengembangkan potensinya. Dimana pada usia ini anak-anak masih dalam masa tumbuh dan berkembang, meniru apa yang mereka lihat, dengar yane ada disekelilingnya. Maka pada usia ini peran orang tua dan guru sangatlah penting dalam membentuk dan mengembangkan kepribadian dan karakter anak_ sebagaimana dalam fungsi dan tujuan pendidikan tk " membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis maupun fisik yang meliputi moral, nilai-nilai agama, sosial, emosional, kognitif, kemandirian, dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar " rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana karakter siswa TK Pertiwi Legokkalong Kecamatan Karanganyar tahun ajaran 2015/2016? Bagaimana implementasi pendidikan karakter di tk pertiwi legokkalong kecamatan karanganyar tahun ajaran 2015/2016? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan katakter di TK Pertiwi Legokkalong Kecamatan Karanganyar tahun ajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perilaku karakter anak, untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter anak, untuk mengetahui faklor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter di tk pertiwi legokkalong kecamatan karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Kegunaan penelilian diharapkan mampu memperluas pengetahuan tentang pendidikan karakter di TK Pertiwi Legokkalong Kecamatan Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif: metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, perilaku karakter yang ditunjukkan oleh siswa tk pertiwi legokkalong kecamatan karanganyar tahun ajaran 2015/2016 sesuai dengan kurikulum pendidikan karakter, yakni: religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kedua, implementasi pendidikan karakter di TK Pertiwi Legokkalong Kecamatan Karanganyar tahun ajaran 2015/2016, antara iain: pembiasaan tentang kemandirian, kedisiplinan, kebersihan dan berpakaian rapi, jujur dalam berucap dan berbuat, religius , toleransi terhadap teman yang berbeda agama, membantu orang iain atau teman sebaya, hormat dan mematuhi perintah guru. Ketiga, faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan karakter di TK Pertiwi Legokkalong Kecamatan Karanganyar tahun ajaran 2015/2016, antara lain: perhatian dari segenap guru untuk mendampingi anak didiknya dalam belajar, adanya dukungan dari orang tua untuk membiasakan perilaku yang baik dan juga Kerjasama antara orang tua murid dengan dewan guru, sarana dan prasarana yang memadai untuk belajar. Sedangkan faktor penghambat, antara lain: Adanya sikap pemanjaan yang berlebihan dari orang tua/ pengasuh, adanya Sebagian siswa yang nakal sehingga mempengaruhi siswa yang lain, serta kurangnya perhatian dari orang tua/ lingkungan keluarga (pembiasaan)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehuddin, M. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai karakter, pembiasaan, keteladanan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 Nov 2023 09:16
Last Modified: 21 Nov 2023 09:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4795

Actions (login required)

View Item View Item