Amalia, Zulfa (2023) Implementasi metode an-nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an di TPQ Al Amin Gembyang Sragi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119108_COVER_BAB I & BAB V_DP.pdf Download (2MB) |
|
Text
2119108_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Metode An-Nahdliyah adalah metode membaca Al-Qur'an yang menekankan pada ketukan. Ketukan disini adalah jarak pengucapan antara satu huruf dengan huruf lainnya, jadi ketukan memudahkan anak untuk membaca panjang pendeknya bacaan Al-Qur'an. Metode An-Nahdliyah adalah cara belajar Al-Qur'an yang dicirikan oleh Nahdlatul Ulama (NU) yang ciri khasnya adalah dengan menggunakan ketukan yang digunakan untuk sebagai penanda Panjang pendeknya bacaan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:(1). Bagaimana implementasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) Al Amin Gembyang Sragi?. (2). Apa faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) Al Amin Gembyang Sragi?. kemudian adapun tujuan yang ada di skripsi ini yaitu: 1. Untuk mendeskripsikan implementasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) Al Amin Gembyang Sragi. 2. Untuk menemukan faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) Al Amin Gembyang Sragi. Metode penelitian yang digunakan adalah penetian kualitatif. Kemudian pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitianya yaitu Kepala TPQ, ustadz/ustadzah serta beberapa santri Taman Pendidikan Al-Qur‟an(TPQ) Al Amin Gembyang Sragi. Hasil dari penelitian ini bahwa implementasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di TPQ al amin Gembyang Sragi sudah berjalan dengan lancar. Metode membaca Al-Qur‟an yang digunakan di Taman Pendidikan Al-Qur‟an(TPQ) Al Amin menggunakan metode AnNahdliyah. Kemudian evaluasi yang dilaksanakan di TPQ al amin ini ada 3 yaitu evaluasi harian dengan menggunakan buku prestasi, kemudian evaluasi akhir jilid dan evaluasi belajar tahap akhir atau biasa disebut dengan muwadaah. Adapun faktor penghambat dan pendukung dari implementasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur‟an di Taman Pendidikan AlQur‟an (TPQ) Al Amin Gembyang Sragi yaitu Santri banyak yang semangat dalam belajar membaca Al-Qur‟an, Ustadz ustadzah di TPQ Al Amin ada yang sudah mengikuti penataran sebelum melaksanakan pembelajaran. Faktor penghambat dari implementasi metode An-Nahdliyah yaitu santri tidak mau mengulang kembali materi yang sudah diajarkannya, ketika proses pembelajaran juga terdapat santri yang masih berbicara sendiri atau tidak memperhatikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode an-nahdliyah, membaca al-qur'an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2023 03:33 | ||||||||
Last Modified: | 26 Jan 2024 03:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4823 |
Actions (login required)
View Item |