Andriani, Ayu Sisca (2023) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Siswa di SMA Negeri 2 Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119024_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (4MB) |
|
Text
2119024_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Ayu Sisca Andriani. 2023. Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis AlQur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an di SMA Negeri 2 Batang. Skripsi Program Studi/Fakultas: PAI/Tarbiyyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri(UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. H. Ali Burhan, M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa siswa yang masih kurang mampu dalam membaca dan menulis Al-Qur’an di SMA Negeri 2 Batang. Yang akhirnya SMA Negeri 2 Batang membentuk suatu kegiatan ekstrakurikuler yaitu ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an untuk mengatasi permasalahan tersebut serta meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa yang ada di SMA Negeri 2 Batang. Dalam pengimplementasiannya, kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an ini memiliki tiga tahapan, yaitu pembuka, inti, dan penutup. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah : Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler baca tulis AL-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa? Apakah kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SMA Negeri 2 Batang meningkat setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field reseacrh). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) implementasi kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an yang ada di SMA Negeri 2 Batang menggunakan metode Yanbu’a, dan memiliki tiga tahapan yaitu pembuka, inti, dan penutup. Pada tahap pembuka guru menyampaikan salam, kemudian berdoa bersama, dan mengecek kehadiran siswa. Pada tahap Inti dilakukan kegiatan belajar membaca dengan metode Ardul Qiro’ah, dan pembelajaran menulis dengan metode Imla’ Manqul. Dan dilakukan penilaian dengan kriteria penilaian sebagai berikut : kelancaran, tajwid, dan mahkrijul huruf. Tahap ketiga yaitu penutup, kegiatan ditutup dengan doa bersama. 2) Setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an, kemampuan membaca dan menulis AlQur’an siswa mengalami peningkatan, meskipun peningkatannya tidak berlangsung cepat, Hal ini ditunjukkan dari hasil setoran siswa pada buku penilaian guru dan buku prestasi siswa yang mulai ada peningkatan dari halaman capaian masing-masing siswa setiap pertemuannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci:Implementasi, Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an, Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2023 04:39 | ||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2023 04:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4829 |
Actions (login required)
View Item |